Banjir yang melanda Seoul, Korea Selatan. Foto: AFP
Banjir yang melanda Seoul, Korea Selatan. Foto: AFP

Intensitas Hujan di Korea Selatan Sudah Mulai Menurun, Sebagian Wilayah Masih Banjir

Medcom • 10 Agustus 2022 13:01
Seoul: Hujan deras yang melanda Seoul, Ibu kota Korea Selatan (Korsel) mulai menurun intensitasnya pada Rabu 10 Agustus 2022. Hujan yang memicu terjadinya banjir, telah menewaskan setidaknya sembilan orang dan merusak 2.800 perumahan dan gedung lainnya.
 
Banyak hujan diperkirakan turun pada hari Rabu, namun intensitasnya lebih rendah dibandingkan hujan lebat di Senin dan Selasa lalu – yang mana hujan tersebut berhasil merendam sejumlah jalanan dan gedung serta berhasil memerangkap orang-orang yang tinggal di apartemen dan mobil yang terdampar.
 
“Setidaknya lima orang telah terbunuh (akibat banjir) di Seoul pada Rabu dini hari, tiga orang di wilayah tetangga, Provinsi Gyeonggi, serta satu orang lainnya di Provinsi Gangwon,” menurut laporan Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, seperti dikutip The Straits Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, banjir tersebut juga menyebabkan 17 orang mengalami luka-luka dan tujuh orang lainnya dinyatakan hilang.
 
Baca: Korban Tewas Banjir Korsel Bertambah Jadi 9 Orang.

 
Banjir yang merendam sejumlah gedung di kawasan distrik mewah, Gangnam terus terjadi pada Selasa sementara kereta bawah tanah dan beberapa jalan lainnya di tutup.
 
Data menunjukkan setidaknya 2.800 fasilitas umum dan swasta di sepanjang Korea Selatan rusak dan lebih dari 1.100 perumahan telah dievakuasi. Sebagian besar jalan raya dan jalur kereta bawah tanah telah dikosongkan pada  Rabu.
 
Menurut Badan Meteorologi Korea (KMA), akumulasi curah hujan di Seoul sejak Senin tengah malam mencapai 525mm hingga Rabu, pukul 7 pagi dengan perkiraan lainnya. Pada daerah Yangpyeong, total curah hujan tersebut mencapai 532.5 mm.
 
Badan Meteorologi Korea memperkirakan bahwa hujan akan terus turun di sebagian besar wilayah di negara dengan intensitas hujan lebat di Provinsi Chungcheong.
 
Instansi tersebut juga memprediksikan bahwa hujan perlahan akan mereda di berbagai tempat di wilayah ibu kota, Seoul dan Provinsi Gangwon.
 
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol akan memimpin pertemuan pada Rabu, pukul 10 pagi, untuk membahas kerusakan serta penanggulangan banjir. Secara terpisah, pemerintahan dan Partai Kekuatan Rakyat -- partai yang berkuasa, akan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas bantuan fiskal untuk pemulihan kerusakan akibat banjir. (Gracia Anggellica)

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif