Presiden Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pertemuan G20 di Jepang 2019. Foto: AFP
Presiden Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pertemuan G20 di Jepang 2019. Foto: AFP

Presiden Tiongkok Akan Bantu Indonesia Bangun Pusat Vaksin Regional

Internasional indonesia-tiongkok presiden joko widodo pandemi covid-19 vaksin covid-19 Xi Jinping Vaksin untuk Indonesia
Fajar Nugraha • 21 April 2021 15:44
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan, akan melakukan kerja sama erat dengan Indonesia dalam bidang vaksin. Hal ini diutarakannya saat melakukan sambungan telepon dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa 20 April 2021.
 
Menurut Xi, Tiongkok secara komprehensif mempromosikan vaksinasi dalam negeri, akan terus melakukan kerja sama vaksin dengan Indonesia.
 
“Ini termasuk membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin regional, dan bersama-sama melawan ketidakseimbangan dalam distribusi vaksin,” ujar Presiden Xi, seperti dikutp dari Xinhua, Rabu 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bersama Jokowi, Xi menekankan bahwa Tiongkok dan Indonesia sangat mementingkan kehidupan dan kesehatan masyarakat serta menentang "nasionalisme vaksin”. Xi juga mencatat bahwa kerja sama vaksin antara kedua negara berada di garis depan dunia.
 
“Kami telah memasukkan warga negara asing yang berada di Tiongkok, termasuk yang berasal dari Indonesia, dalam rencana vaksinasi. Kami juga berharap Indonesia juga memberikan dukungan aktif bagi warga negara Tiongkok,” imbuhnya.
 
Dalam menghadapi perubahan besar dan pandemi yang tidak terlihat dalam satu abad, Xi menekankan, Tiongkok siap bergandengan tangan dengan Indonesia untuk meningkatkan saling percaya strategis, memperdalam konsensus strategis, memperkuat koordinasi strategis, menegakkan multilateralisme, menjaga keadilan dan keadilan, mempromosikan global tata kelola iklim. Termasuk pula membela kepentingan bersama negara berkembang, dan memajukan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.
 
Xi mencatat bahwa kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara terus tumbuh meskipun ada pandemi covid-19, menunjukkan ketahanan yang kuat dan potensi besar.
 
“Dengan Tiongkok telah memulai perjalanan baru untuk sepenuhnya membangun negara sosialis modern, dan Indonesia menuju lompatan pembangunan seratus tahun kedua negara sekarang menghadapi prospek kerja sama yang luas,” ucap Xi.
 
Tidak hanya itu, Negeri Tirai Bambu juga menyambut Indonesia untuk memanfaatkan peluang yang diciptakan oleh Tiongkok yang mengembangkan paradigma pembangunan baru dan memajukan kerja sama praktis bilateral di berbagai bidang secara terkoordinasi. Presiden Xi menyarankan agar kedua negara lebih mensinergikan Belt and Road Initiative dan visi Indonesia tentang Poros Maritim Dunia, dan bekerjasama dalam skala yang lebih besar dengan kualitas yang lebih tinggi.
 
“Kedua pihak harus terus mendorong proyek kerja sama infrastruktur seperti perkeretaapian berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung, dengan sungguh-sungguh melaksanakan proyek-proyek utama termasuk koridor ekonomi komprehensif regional. Selain juga mendorong area pertumbuhan baru seperti energi baru dan kerja sama maritim, serta memperkuat kerja sama dalam ekonomi digital dan bidang lainnya,” imbuh Xi.
 
Xi mengatakan Tiongkok menyambut baik Indonesia untuk memperluas ekspor produk berkualitas ke negaranya, dan mendukung perusahaan mereka dalam meningkatkan investasi di negara Asia Tenggara tersebut.
 
Kedua belah pihak harus mendorong implementasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dan mendorong liberalisasi perdagangan regional dan integrasi ekonomi, tambahnya.
 
Sementara itu, Jokowi menyampaikan ucapan selamat atas peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok (CPC).
 
“Di bawah kepemimpinan yang kuat dari Xi, Tionglok telah mencapai kesuksesan di berbagai bidang pembangunan, dan khususnya telah mencetak prestasi luar biasa dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan ekonomi, memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia dan negara-negara lain di kawasan ini,” sebut Jokowi.
 
Memperhatikan bahwa Indonesia dan Tiongkok adalah teman baik dan saudara yang baik, Jokowi mengatakan Indonesia berharap dapat belajar dari pengalaman Tiongkok yang relevan, dan siap untuk memperdalam hubungan ekonomi dan perdagangan bilatera, secara aktif mempromosikan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, memperkuat masyarakat. pertukaran antar warga, dan bersama-sama membangun Belt and Road.
 
Presiden Jokowi pun berterima kasih kepada Tiongkok karena telah mengatasi kesulitan dalam memberikan bantuan yang berharga bagi perjuangan Indonesia melawan epidemi covid-19. Diamenyampaikan harapannya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Tiongkok dalam produksi vaksin.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif