Warga memakai masker saat beraktivitas di kota Wuhan, Tiongkok. (AFP)
Warga memakai masker saat beraktivitas di kota Wuhan, Tiongkok. (AFP)

Tim WHO Akhirnya Diizinkan Selidiki Covid-19 di Tiongkok

Internasional Virus Korona tiongkok WHO
Willy Haryono • 11 Januari 2021 13:06
Beijing: Tim pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas menyelidiki asal muasal pandemi virus korona (covid-19), dijadwalkan tiba di Tiongkok pada 14 Januari mendatang. Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengonfirmasi bahwa tim WHO sudah mendapat izin untuk masuk ke wilayah Negeri Tirai Bambu.
 
Sebelumnya tim tersebut dijadwalkan berkunjung ke kota Wuhan, Tiongkok, pada awal Januari. Namun rencana tersebut dibatalkan karena mendapat izin dari pemerintah pusat di Beijing.
 
Mengenai penundaan kunjungan ke Wuhan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat mengecam Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wuhan adalah kota pertama tempat terdeteksinya covid-19 pada akhir Desember 2019. Sejumlah pakar meyakini jawaban dari asal muasal covid-19 dapat ditemukan dari kota tersebut.
 
Dilansir dari laman Nikkei Asia pada Senin, 11 Januari 2021, pihak komisi tidak memberikan detail mengenai agenda tim WHO saat berada di Tiongkok, termasuk apakah akan langsung bertolak ke Wuhan atau tidak.
 
Sabtu kemarin, Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok Zeng Yixin, mengaku masih mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan WHO.
 
"Jika para pakar ini telah menyelesaikan semua prosedur dan mengonfirmasi jadwal mereka, kita akan pergi bersama-sama ke Wuhan untuk menjalankan investigasi," ucapnya.
 
"Saat ini kami masih menanti kedatangan tim pakar WHO, dan juga sedang menyiapkan beberapa grup pakar relevan untuk menyambut mereka," ungkap Zeng.
 
Baca:  Beritakan Covid-19 di Wuhan, Jurnalis Warga Dibui 4 Tahun
 
Berdasarkan data terbaru dari situs pemantau Johns Hopkins University pada Senin siang, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 90 juta dengan 1,9 juta lebih kematian dan hampir 50 juta pasien sembuh.
 
Amerika Serikat, India, dan Brasil masih menjadi negara di peringkat tiga teratas dunia dalam hal jumlah infeksi covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif