Pasien Covid-19. Foto: AFP.
Pasien Covid-19. Foto: AFP.

Studi: 9 Dari 10 Eks Pasien Covid-19 Alami Efek Samping

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 29 September 2020 20:14
Seoul: Sebanyak sembilan dari 10 pasien virus korona (covid-19) dilaporkan mengalami efek samping, seperti cepat lelah, efek samping psikologis, hingga hilangnya penciuman usai sembuh dari penyakit tersebut. Laporan ini dikeluarkan studi pendahuluan Korea Selatan.
 
Penelitian dilakukan ketika jumlah kematian global akibat covid-19 melampaui satu juta orang.
 
"Dalam survei online terhadap 965 pasien covid-19 yang pulih, 879 orang mengaku menderita setidaknya satu efek samping dari penyakit tersebut," kata pejabat Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) Kwon Jun-wook, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 29 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelelahan adalah efek samping yang paling umum, sekitar 26,2 persen orang mengatakan mengalami hal tersebut, diikuti kesulitan berkonsentrasi yang mencapai 24,6 persen.
 
Efek samping lainnya termasuk gangguan psikologis atau mental, dan hilangnya indera perasa atau penciuman.
 
Sementara penelitian dilakukan secara online, peneliti utama, profesor penyakit dalam Sekolah Kedokteran Universitas Nasional Kyungpook di Daegu akan segera mempublikasikan penelitiannya terhadap 5.762 pasien yang pulih di Korsel.
 
Seoul juga melakukan studi terpisah dengan 16 organisasi medis mengenai potensi komplikasi penyakit melalui analisis rinci yang melibatkan CT scan pada pasien yang pulih tahun depan.
 
Negeri Ginseng melaporkan 38 infeksi baru pada Selasa. Dengan demikian, total kasus infeksi covid-19 di Korsel menjadi 23.699 kasus, dan 407 kematian.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif