Polisi bermasker mengawal antrean warga di sebuah toko minuman keras di Secunderabad, India. (Foto: AFP/NOAH SEELAM)
Polisi bermasker mengawal antrean warga di sebuah toko minuman keras di Secunderabad, India. (Foto: AFP/NOAH SEELAM)

Kasus Harian Covid-19 India Masih di Atas 90 Ribu

Internasional Virus Korona vaksin covid-19
Willy Haryono • 19 September 2020 19:05
New Delhi: Jumlah kasus harian virus korona (covid-19) di India masih tetap berada di atas 90 ribu selama beberapa hari berturut-turut. Dalam 24 jam terakhir hingga Sabtu 19 September 2020, India mencatat tambahan 93.337 infeksi covid-19.
 
Dikutip dari laman TRT World, Kementerian Kesehatan India mengonfirmasi tambahan infeksi harian covid-19 di atas 90 ribu pada Sabtu ini, yang menjadikan totalnya melampaui 5,3 juta.
 
Kemenkes India juga mencatat tambahan 1.247 pasien covid-19 yang meninggal dalam 24 jam terakhir, sehingga totalnya menjadi 85.619.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lonjakan kasus harian di kisaran 90 ribu ini telah terjadi di India sejak lebih dari lima pekan terakhir. Saat ini India mencatat lebih dari satu juta kasus aktif covid-19, dengan rata-rata kesembuhan sekitar 80 persen.
 
Sejumlah pengamat memperkirakan India dapat melampaui jumlah kasus covid-19 Amerika Serikat dalam beberapa pekan ke depan.
 
Mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, Kemenkes India mengatakan, sekitar 30 kandidat vaksin covid-19 dikembangkan di seantero negeri dan sedang berada dalam berbagai fase uji klinis berbeda. Dari 30 vaksin, tiga sudah mencapai fase lanjutan.
 
"Secara nasional, sekitar 30 vaksin covid-19 sedang dikembangkan, baik oleh industri maupun akademia. Vaksin-vaksin ini sedang berada dalam fase uji klinis yang berbeda-beda," ujar Menteri Kesehatan Federal India Harsh Vardhan kepada parlemen India.
 
"Tiga vaksin sudah berada di fase lanjutan uji klinis I/II/III, dan satunya lagi ada di fase pre-klinis lanjutan," sambungnya.
 
Untuk level global, total kasus covid-19 telah melampaui 30 juta berdasarkan data Johns Hopkins University. Sementara angka kematian global akibat covid-19 telah melampaui 950 ribu, dengan 20.683.110 pasien sudah dinyatakan sembuh.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif