Korea Utara (Korut) siap bantu Rusia dalam perang melawan Ukraina. Foto: AFP
Korea Utara (Korut) siap bantu Rusia dalam perang melawan Ukraina. Foto: AFP

Korut Tawarkan Kirim 100 Ribu Tentara 'Sukarelawan' untuk Bantu Perang Rusia

Marcheilla Ariesta • 08 Agustus 2022 11:57
Pyongyang: Korea Utara (Korut) menawarkan 100.000 pasukan 'sukarelawan' ke Kremlin. Tawaran ini bertujuan membantu Rusia memenangkan perang melawan Ukraina.
 
"Ada laporan bahwa 100.000 sukarelawan Korea Utara siap untuk datang dan mengambil bagian dalam konflik," kata pakar militer Rusia Igor Korotchenko di Channel One Russia, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Korotchenko memuji kekayaan 'pengalaman militer Korea Utara' dalam perang, lapor surat kabar itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perang dinilai semakin penting bagi militer Rusia menyusul keputusan Amerika Serikat (AS) untuk menyumbangkan selusin Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke Ukraina.  Bulan lalu seorang pakar militer mengatakan bahwa roket jarak jauh dan presisi tinggi telah membuat 'perbedaan besar' pada upaya perang Ukraina.
 
Korotchenko melanjutkan dengan berpendapat bahwa Rusia harus menyambut pasukan Korea Utara dan keahlian mereka.
 
"Jika Korea Utara menyatakan keinginan untuk memenuhi tugas internasionalnya untuk memerangi fasisme Ukraina, kita harus membiarkan mereka," katanya.
 
Militer Korea Utara adalah yang terbesar keempat di dunia, dengan hampir 1,3 juta personel aktif. Lebih dari 600.000 bertugas sebagai tentara cadangan.
 
Meski demikian, mereka dilaporkaj beroperasi dengan peralatan dan teknologi yang menua.
 
Menurut surat kabar Korea Selatan Daily NK, Korea Utara juga menawarkan pekerja untuk membantu Rusia membangun kembali Ukraina pascaperang. Mengutip sumber-sumber Rusia, Daily NK melaporkan bahwa Korea Utara berencana mengirim lebih dari 1.000 pekerja ke wilayah Donbas di Ukraina timur jika Rusia memenangkan perang.
 
"Mengingat perang belum berakhir, pemerintah berencana mengirim pekerja pada waktu yang tepat sambil memantau situasi di lapangan," kata sumber Korea Utara kepada Daily NK.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif