Petugas ambulans membawa jenazah korban covid-19 di kendaraannya. Foto: AFP
Petugas ambulans membawa jenazah korban covid-19 di kendaraannya. Foto: AFP

Selama 24 Jam, Kasus Harian Covid-19 di India Sentuh Angka 314.835

Internasional India Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Fajar Nugraha • 22 April 2021 12:42
Bengaluru: India pada Kamis 22 April melaporkan lebih dari 300.000 kasus virus korona selama 24 jam terakhir. Angka ini merupakan total harian tertinggi di dunia, sementara kematian terkait covid-19 juga melonjak.
 
“Lonjakan harian India dalam kasus covid-19 dilaporkan mencapai 314.835 kasus. Angka tersebut melampaui kenaikan satu hari tertinggi sebelumnya di dunia yang dicatat Amerika Serikat pada Januari sebanyak 297.430 kasus,” sebut laporan Channel News Asia, Kamis.
 
Baca: Persediaan Menipis, Tabung Oksigen Dijaga Ketat Pihak Keamanan India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara data kementerian kesehatan menyebutkan, total kasus India sekarang mencapai 15,93 juta. Sedangkan kematian naik 2.104 menjadi total 184.657.
 
Krisis pandemi yang terjadi di India diperparah dengan kurangnya pasokan oksigen. Pada Rabu, 22 pasien covid-19 di sebuah rumah sakit di India meninggal ketika pasokan oksigen ke ventilator mereka terganggu oleh kebocoran.
 
Tragedi itu terjadi ketika India berjuang melawan kekurangan pasokan medis yang parah selama gelombang kedua infeksi virus korona yang sengit.
 
Kematian itu terjadi seminggu setelah Menteri Kepala Maharashtra, Uddav Thackeray meminta pilot India untuk mengangkut pasokan oksigen ke wilayah tersebut. Permintaannya diutarakan untuk mengurangi kekurangan yang parah karena jumlah infeksi covid-19 yang meningkat.
 
Rumah sakit di ibu kota India, New Delhi, nyaris kehabisan pasokan oksigen karena infeksi terus meningkat di negara berpenduduk 1,3 miliar itu.
 
Dalam semalam, banyak rumah sakit yang menghadapi kekurangan oksigen akut menerima lebih banyak pasokan, yang sangat penting untuk membantu pasien covid-19 yang menggunakan ventilator.
 
Sementara itu, media lokal melaporkan tabung oksigen dijarah dari Rumah Sakit Damoh di negara bagian Madhya Pradesh.
 
Menteri Kesehatan Negara Bagian Haryana, Anil Vij telah memerintahkan tangki oksigen untuk dijaga polisi di tengah kekurangan pasokan.
 
TV India melaporkan dia mengatakan bahwa salah satu kapal tanker mereka telah ‘dijarah’ oleh Pemerintah Delhi, dan akibatnya kapal tanker mereka sekarang akan dijaga ketat.
 
Sebelumnya, India dianggap sebagai salah satu negara besar yang mampu menghindari dampak terbaru dari pandemi covid-19. Namun belakangan, jumlah kasus harian covid-19 di negara berpenduduk 1,3 miliar itu melonjak secara drastis.
 
Sejumlah pihak menduga lonjakan infeksi covid-19 di India diakibatkan kemunculan varian baru virus korona yang lebih menular. Selain itu, lonjakan juga dikaitkan dengan acara yang melibatkan banyak orang, seperti festival keagamaan Kumbh Mela, kampanye politik, pernikahan mewah, serta pertandingan kriket.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif