Banjir yang melanda Korea Selatan menimbulkan korban jiwa. Foto: AFP
Banjir yang melanda Korea Selatan menimbulkan korban jiwa. Foto: AFP

Banjir di Korsel Telah Tewaskan 13 Orang

Internasional korea selatan
Marcheilla Ariesta • 04 Agustus 2020 18:11
Seoul: Korban banjir bandang dan longsor akibat hujan lebat di Korea Selatan bertambah menjadi 13 orang. Pihak berwenang mengatakan 13 orang lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Baca: Hujan Deras Guyur Korsel, 6 Orang Tewas.
 
Lebih dari 1.000 orang terpaksa pergi dari rumah mereka di ibu kota Seoul akibat banjir. Beberapa provinsi sekitar Seoul juga terkena dampak banjit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cuaca lebih buruk kemungkinan akan terjadi beberapa hari mendatang," kata Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korsel, dilansir dari Al Jazeera, Selasa, 4 Agustus 2020.
 
Sebanyak enam dari 13 korban tewas ditemukan terkubur tanah longsor di lereng gunung Provinsi Geyonggi. Sementara 13 orang yang hilang, termasuk seorang pria 60 tahun yang truknya tersapu banjir bandang di provinsi Chungcheong Utara.
 
Banjir telah merusak lebih dari 5.751 hektare lahan pertanian dan membanjiri bagian-bagian jalan raya dan jembatan utama di Seoul. Bencana ini mendorong pemerintah mengerahkan lebih dari 25 ribu petugas polisi dan sukarelawan untuk mengatasi kerusakan.
 
Al Jazeera melaporkan dari Paju, perkiraan curah hujan pada hari ini cukup tinggi. "Bagian dalam Korea Selatan sangat berbukit, sangat bergunung-gunung, dan sejak akhir pekan kami menghadapi hujan deras yang menyebabkan banjir bandang dan lumpur," kata reporter Rob McBride.
 
Presiden Moon Jae-in dijadwalkan mengadakan pertemuan darurat hari ini setelah ia mendesak pemerintah nasional dan regional untuk bekerja keras menyelamatkan nyawa warga.
 
Sementara itu, di Korea Utara, media pemerintah juga telah memperingatkan akan ada kemungkinan banjir. Beberapa daerah di Korut juga mengalami hujan lebat yang rawan tanah longsor.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif