Kasus covid-19 di Australia masih terus bertambah. Foto: AFP.
Kasus covid-19 di Australia masih terus bertambah. Foto: AFP.

Berencana Hidup dengan Covid-19, Australia Catat 1.607 Kasus Baru

Internasional Virus Korona Australia covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 19 September 2021 19:25
Melbourne: Australia melaporkan 1.607 kasus baru Covid-19 pada Minggu, 19 September 2021. Kasus tercatat saat negara bagian dan teritori secara bertahap mencoba 'hidup dengan virus.'
 
Negara bagian Victoria mencatat 507 kasus saat perdana menteri mereka akan menghentikan penguncian setelah 70 persen warga divaksinasi sepenuhnya.
 
Perdana Menteri Negara Bagian Victoria, Daniel Andrews mengatakan, negara bagian itu mungkin mencapai ambang vaksinasi sekitar 26 Oktober. Sebanyak 43 persen penduduk Victoria telah sepenuhnya divaksinasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan melakukannya dengan hati-hati, tapi jangan salah, kami membuka tempat ini. Tidak ada alternatif lain," ucap Andrews, dilansir dari AFP, Minggu, 19 September 2021.
 
"Kita tidak dapat menekan virus ini secara terus-menerus atau permanen. Penguncian menjadi pengulur waktu untuk mendapatkan 70 atau 80 persen vaksinasi," imbuhnya.
 
Meski demikian, katanya, pembatasan jarak sosial masih akan tetap ada. Sementara tempat ritel dan perhotelan akan dibatasi. Namun, warga nantinya akan bebas meninggalkan rumah tanpa alasan.
 
Andrews mengatakan, pihak berwenang memiliki tujuan 80 persen dari populasi negara bagian untuk dapat divaksinasi penuh sebelum Melbourne Cup pada 2 November mendatang. Acara itu adalah kesempatan untuk membuka pintu bagi orang-orang penggemar pacuan kuda menontonnya.
 
Baca juga: Australia Uji Coba Perangkat Pengenalan Wajah untuk Warga yang Dikarantina
 
Negara bagian tetangga, New South Wales (NSW) juga mengadopsi rencana serupa. Pada hari ini, NSW melaporkan 1.083 kasus. Sudah sekitat 52 persen warga NSW mendapatkan vaksinasi dua dosis.
 
Negeri Kanguru mencatat lebih dari 84 ribu kasus covid-19. Namun, dua pertiga kasus terjadi di tahun ini akibat varian Delta yang menyebar dengan cepat. Sejak awal pandemi, kasus kematian akibat covid-19 di negara ini sebanyak 1.162.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif