Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng. (Sam YEH / AFP)
Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng. (Sam YEH / AFP)

Taiwan Mengaku Butuh Senjata Jarak Jauh untuk Hadapi Tiongkok

Internasional Tiongkok taiwan tiongkok-taiwan
Willy Haryono • 28 September 2021 15:46
Taipei: Taiwan memerlukan senjata jarak jauh yang akurat untuk membela diri dari ancaman Tiongkok, ucap Menteri Pertahanan Chiu Kuo-cheng. Menurutnya, Tiongkok terus mengembangkan kekuatan militernya untuk bersiap menyerang Taiwan.
 
Bulan ini, Taiwan mengajukan anggaran ekstra di bidang pertahanan dengan nilai mencapai USD9 miliar untuk lima tahun ke depan. Pengajuan anggaran tambahan itu juga meliputi pembelian misil baru.
 
Chiu menegaskan, peningkatan kekuatan militer merupakan sesuatu yang diperlukan dalam menghadapi "ancaman kuat" dari Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara di parlemen, Chiu menegaskan Taiwan perlu menegaskan diri sebagai sebuah pulau yang dapat membela diri sendiri.
 
"Pengembangan perangkat (militer) harus meliputi elemen jarak jauh, akurat, dan dapat dipindahkan kemana-mana, sehingga musuh dapat mengetahui bahwa kami akan selalu siap saat mereka mengerahkan pasukannya ke sini," tutur Chiu, merujuk pada kapabilitas misil milik Taiwan, dikutip dari laman NTD, Selasa, 28 September 2021.
 
Baca:  Taiwan Sebut 19 Pesawat Tiongkok Langgar Zona Pertahanan Udara
 
Dalam sebuah laporan tertulis kepada parlemen, Kemenhan Taiwan mengatakan rudal jarak menengah dan jauh telah digunakan dalam latihan mencegat misil di sebuah fasilitas kunci di pesisir tenggara.
 
Kepada awak media, Chiu menolak menjelaskan berapa jauh misil Taiwan dapat meluncur. Selama ini, Taiwan selalu merahasiakan hal tersebut.
 
"Merupakan hal penting bagi masyarakat Taiwan untuk mengetahui ancaman bahaya yang akan mereka hadapi nanti," ungkap Chiu.
 
Tiongkok menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsi yang suatu saat akan menjadi bagian dari Negeri Tirai Bambu. Namun Taiwan menolak menjadi bagian dari Tiongkok dan mengklaim sebagai sebuah negara independen.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif