PM Pakistan Imran Khan (tengah) saat melakukan kunjungan kerja ke Haripur pada 27 Mei 2021. (Aamir QURESHI / AFP)
PM Pakistan Imran Khan (tengah) saat melakukan kunjungan kerja ke Haripur pada 27 Mei 2021. (Aamir QURESHI / AFP)

Pakistan Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Iran Ebrahim Raisi

Internasional politik iran Iran pakistan Imran Khan
Willy Haryono • 20 Juni 2021 11:26
Islamabad: Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengucapkan selamat kepada Ebrahim Raisi atas kemenangan dalam pemilihan umum presiden ke-13 Iran. Ucapan selamat disampaikan PM Khan via Twitter.
 
Raisi dipastikan menang lewat raihan 62 persen suara usai dua kandidat utamanya mengakui kekalahan dalam pilpres yang berlangsung pada Jumat kemarin.
 
"Kami berharap dapat bekerja sama (dengan Raisi) dalam memperkuat hubungan persaudaraan kedua negara demi mendorong perdamaian, kemajuan, dan kesejaheraan kawasan," tulis PM Khan, dilansir dari laman ABNA pada Minggu, 20 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ucapan selamat telah disampaikan sejumlah tokoh dalam dan luar Iran. Di dalam negeri, petahana Hassan Rouhani telah mengucapkan selamat dan bertemu langsung dengan sosok penerusnya.
 
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga mengatakan bahwa Raisi adalah presiden baru Iran, walau kala itu belum ada pengumuman resmi dari badan elektoral. Ia menilai Raisi dapat menjadi sosok presiden yang baik bagi Iran.
 
Dari luar negeri, ucapan selamat telah disampaikan PM Khan, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan juga pemimpin kelompok Hizbullah Hassan Nasrallah.
 
Sementara kritikan datang dari dua rival utama Iran, Amerika Serikat dan Israel. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, menyebut Raisi berpotensi menjadi presiden paling ekstrem di Iran sejauh ini.
 
Ia juga mengingatkan bahwa Raisi kemungkinan akan menambah aktivitas program nuklir Iran.
 
Bagi AS, pilpres Iran pada Jumat kemarin tidak berjalan "bebas dan adil." Namun di waktu bersamaan, Washington menegaskan bahwa dialog tidak langsung dengan Iran terkait perjanjian nuklir 2015 akan tetap berlanjut.
 
Baca:  AS Sebut Pilpres Iran Tidak Berjalan Bebas dan Adil
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif