NEWSTICKER
Seorang polisi bermasker berjalan di salah satu sudut kota Wuhan, Hubei, Tiongkok. (Foto: AFP)
Seorang polisi bermasker berjalan di salah satu sudut kota Wuhan, Hubei, Tiongkok. (Foto: AFP)

Hari Ketiga, Tiongkok Catat Nol Kasus Domestik Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 21 Maret 2020 12:00
Beijing: Pemerintah Tiongkok mencatat nol kasus baru virus korona (covid-19) yang ditularkan secara domestik. Catatan nol kasus domestik di daratan utama Tiongkok ini telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut hingga Sabtu 21 Maret 2020.
 
Jumat kemarin, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat ada 41 kasus baru covid-19 di daratan utama, yang semuanya berasal dari luar negeri. Total kasus covid-19 yang 'diimpor' dari negara lain ke Tiongkok telah mencapai 269.
 
Beijing menjadi kota dengan jumlah kasus impor covid-19 di Tiongkok. Sementara sisa kasus impor lainnya dilaporkan muncul di Shanghai dan enam provinsi lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut data terbaru Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, total gabungan jumlah kasus domestik dan impor covid-19 di Negeri Tirai Bambu telah mencapai 81.008. Sementara total angka kematian akibat covid-19 di daratan utama Tiongkok mencapai 3.255 hingga Jumat malam kemarin.
 
Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Namun sejak awal Maret, lonjakan kasus covid-19 terjadi di benua Eropa, terutama Italia.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kemudian menetapkan covid-19 sebagai pandemi, dengan Eropa sebagai pusat penyebarannya. WHO mengatakan pusat pandemi kini beralih ke Eropa seiring berlanjutnya tren penurunan jumlah kasus di Tiongkok.
 
Jumat kemarin, jumlah kematian akibat covid-19 di Italia telah melewati 4.000, yang untuk kali pertama melampaui angka total korban di Tiongkok.
 
Italia telah menerapkan penutupan total (lockdown) berskala nasional, yang kemudian diikuti sejumlah negara lain seperti Spanyol dan Argentina. Beberapa negara lain menerapkan lockdown parsial yang hanya diberlakukan di area terdampak paling parah.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif