Pasukan keamanan Afghanistan berpatroli di provinsi Nangarhar. (Foto: NOORULLAH SHIRZADA/AFP)
Pasukan keamanan Afghanistan berpatroli di provinsi Nangarhar. (Foto: NOORULLAH SHIRZADA/AFP)

Ledakan di Tengah Gencatan Senjata Iduladha Tewaskan 2 Orang

Internasional taliban afghanistan isis
Willy Haryono • 03 Agustus 2020 10:43
Nangarhar: Sedikitnya dua warga sipil tewas dan 24 lainnya terluka dalam ledakan bom mobil yang disusul rentetan tembakan di luar penjara di provinsi Nangarhar, Afghanistan, Minggu 2 Agustus. Serangan terjadi di tengah gencatan senjata Iduladha selama tiga hari yang berlangsung antara Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban.
 
"Teroris meledakkan bom mobil di gerbang masuk penjara Nangarhar sekitar pukul 18.30 waktu setempat. Ledakan menghancurkan dinding depan penjara," kata juru bicara pemerintah provinsi Nangarhar, Attahullah Khogiani, kepada kantor berita Xinhua, Senin 3 Agustus 2020.
 
Ia menambahkan, sekelompok penyerang sempat terlibat baku tembak dengan petugas keamanan dan berusaha memasuki penjara usai terjadinya ledakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasukan keamanan merespons serangan dan berupaya menggagalkan rencana jahat para teroris," kata Attahullah.
 
Menurut keterangan sejumlah saksi mata, baku tembak di penjara Nangarhar terus berlangsung hingga pukul 20.30 waktu setempat. Attahullah mengatakan, detail serangan akan disampaikan di lain waktu usai investigasi selesai dilakukan.
 
"Ledakan menimbulkan asap tebal ke udara dan memicu kepanikan. Jumlah korban kemungkinan akan bertambah," sebut Attahullah.
 
Sejauh ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di penjara Nangarhar. Namun kelompok militan Islamic State (ISIS) diketahui sering beraktivitas di provinsi tersebut.
 
Ledakan terjadi saat pasukan keamanan Afghanistan dan militan Taliban tengah menjaga berlangsungnya gencatan senjata Iduladha, yang dijadwalkan berakhir pada Minggu malam waktu setempat.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif