PM Selandia Baru, Jacinda Ardern tangguhkan sementara masuknya pelancong dari India akibat covid-19. Foto: AFP.
PM Selandia Baru, Jacinda Ardern tangguhkan sementara masuknya pelancong dari India akibat covid-19. Foto: AFP.

Covid-19 Meningkat, Pelancong India Dilarang Masuk Selandia Baru

Internasional India selandia baru covid-19
Marcheilla Ariesta • 08 April 2021 18:44
Wellington: Selandia Baru menangguhkan sementara masuknya semua pelancong dari India, termasuk warga negara mereka sendiri, selama dua pekan. Hal ini dikarenakan meningkatnya jumlah kasus positif virus korona (covid-19) yang datang dari negara itu.
 
Langkah tersebut dilakukan setelah Wellington mencatat adanya 23 kasus virus korona baru di perbatasan mereka pada Kamis, 8 April 2021. Sebanyak 17 diantaranya berasal dari India.
 
"Kami untuk sementara menangguhkan masuknya pelancong dari India ke Selandia Baru," kata Ardern dalam konferensi pers di Auckland, dilansir dari Al Jazeera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penangguhan masuk Selandia Baru akan dimulai pada 11 April mendatang pukul 16.00 waktu setempat. Penangguhan ini akan berlaku hingga 28 April.
 
Selama waktu tersebut, pemerintah akan mempertimbangkan langkah-langkah manajemen risiko untuk melanjutkan perjalanan.
 
Penangguhan berlaku untuk siapa saja yang telah berada di India selama 14 hari terakhir. Ini adalah pertama kalinya Selandia Baru memperpanjang larangan masuk bagi warga negara dan penduduknya sendiri.
 
"Saya ingin menekankan bahwa meskipun covid-19 yang muncul dari India telah mendorong tindakan ini, kami melihatnya sebagai cara Selandia Baru mengelola titik keberangkatan berisiko tinggi secara umum. Ini bukan penilaian risiko untuk negara tertentu," tegasnya.
 
"Kami telah melihat apakah memiliki masalah dengan keakuratan tes pra-keberangkatan atau tidak dan hal itu belum menunjukkan letak masalahnya. Jadi penangguhan ini memberi kami waktu untuk melihat masalah tersebut secara lebih umum," ucap Ardern.
 
India mencatat 12,8 juta kasus covid-19, terbanyak setelah Amerika Serikat dan Brasil. Saat ini negara tersebut tengah berjuang melawan meningkatnya sebaran virus korona dengan jumlah infeksi selama 24 jam terakhir sebanyak 126.789 kasus.
 
Angka tersebut dilaporkan sebagai kasus harian yang tertinggi di negara tersebut sejak awal pandemi.
 
India memberlakukan jam malam di beberapa kota besar dan kecil guna menahan sebaran infeksi semakin luas.
 
Kematian akibat covid-19 juga naik sebanyak 685 kasus dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, kematian karena covid-19 di negara itu mencapai 166.862 kasus sejak pandemi dimulai.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif