Warga Seoul, Korsel, menonton televisi yang menampilkan tayangan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 6 Januari 2021. (Jung Yeon-je / AFP)
Warga Seoul, Korsel, menonton televisi yang menampilkan tayangan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 6 Januari 2021. (Jung Yeon-je / AFP)

Kim Jong-un Eksekusi Menteri yang Gagal Optimalkan Belajar Online

Internasional kim jong-un politik korut korea utara
Willy Haryono • 12 April 2021 11:31
Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengeksekusi seorang menteri yang dinilai gagal menerapkan skema pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara optimal selama pandemi Covid-19. Pejabat tinggi pendidikan yang tak disebutkan namanya itu dikabarkan dieksekusi mati usai Kim menerima laporan bahwa departemennya gagal mencapai kemajuan yang memuaskan.
 
Laporan mengenai penyelidikan di Kementerian Pendidikan Tinggi Korut ini dilakukan oleh Departemen Panduan dan Organisasi (ODG). Laporan tersebut telah dilihat oleh kantor berita Daily NRK.
 
"Menteri tersebut dikabarkan kurang mampu mengimplementasikan Undang-Undang Pendidikan Jarak Jauh," lapor Daily NRK, dilansir dari laman Mirror.co.uk belum lama ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"ODG melakukan investigasi karena kementerian gagal mencapai kemajuan berarti, dan karena beberapa (pejabat) mengkritik kebijakan pemerintah," tulis laporan tersebut.
 
Investigasi juga meliputi laporan bahwa beberapa pejabat kementerian "mengeluh di setiap pertemuan" terkait bidang pekerjaan mereka. Sementara beberapa pejabat lain dikabarkan sering mempertanyakan minimnya sumber daya dari pemerintah pusat di Pyongyang.
 
Tim investigasi ODG juga menyoroti lambannya pengimplementasian "kebijakan pembelajaran jarak jauh" selama pandemi.
 
Usai eksekusi mati berakhir, tulis laporan tersebut, kementerian telah menjalani "perombakan" dan saat ini berada di bawah kepemimpinan Ri Guk Chol, presiden Kil Il Sung University.
 
"Mereka (jajaran pejabat baru) berencana melakukan video call secara rutin," ucap seorang sumber.
 
Kabar eksekusi ini merupakan kelanjutan dari tindakan pemerintah Korut di bawah Kim. Tahun lalu, ia dikabarkan melempar seorang jenderal ke kolam berisi ikan piranha, dan lima ajudannya juga dikabarkan dieksekusi mati tim penembak usai Konferensi Tingkat Tinggi dengan Donald Trump di tahun 2019.
 
Baca:  Krisis Keuangan, Kim Jong-un Eksekusi Pejabat Pasar Mata Uang Korut
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif