Aktivitas di Bandara Internasional Sydney, Australia pada 19 April 2021. (SAEED KHAN / AFP)
Aktivitas di Bandara Internasional Sydney, Australia pada 19 April 2021. (SAEED KHAN / AFP)

Warga yang Masuk Australia dari India Diancam Vonis Penjara

Internasional India Virus Korona Australia covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 01 Mei 2021 08:25
Canberra: Semua orang, termasuk warga Australia, yang masuk ke Negeri Kanguru dari India diancam vonis 5 tahun penjara dan juga denda mulai Senin mendatang. Larangan perjalanan ini merupakan upaya Australia dalam mencegah masuknya Covid-19 dari India.
 
"Pemerintah tidak membuat keputusan ini begitu saja," kata Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt.
 
"Langkah terbaru ini diambil karena ada begitu banyak orang positif Covid-19 yang dari India," sambungnya, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Sabtu, 1 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Larangan perjalanan dari India diberlakukan mulai Senin mendatang, dan akan dikaji kembali pada 15 Mei. Larangan ini berlaku bagi semua orang yang pernah mengunjungi India "dalam kurun waktu 14 hari dari jadwal kedatangan mereka ke Australia."
 
Untuk menghindari penyebaran virus dari India, larangan perjalanan ini disertai vonis penjara hingga lima tahun dan denda hingga USD51 ribu atau setara Rp736 juta.
 
"Merupakan hal penting untuk selalu mempertahankan integritas kesehatan publik masyarakat Australia. Jumlah kasus Covid-19 dalam sistem karantina di Australia juga perlu dikurangi ke level yang dapat ditangani dengan baik," ucap Hunt.
 
Jumat kemarin, India kembali mencetak rekor kasus harian Covid-19 di angka 386.452. Sejak beberapa hari terakhir, infeksi harian di India selalu berada di atas 300 ribu.
 
Total kasus Covid-19 di India kini mencapai 18,7 juta, dengan angka kematian mencapai 208.330.
 
Baca:  Gelombang Kedua Covid-19 di India Belum Mencapai Puncaknya
 
Sejak 22 April, India mencatat lebih dari 300 ribu kasus Covid-19 pada setiap harinya. Lonjakan tersebut membuat sistem kesehatan di India hampir runtuh, termasuk dalam hal ketersediaan ranjang rumah sakit dan pasokan oksigen.
 
Sejumlah negara telah dan akan menyalurkan bantuan ke India, terutama mengenai pengadaan oksigen yang sangat dibutuhkan pasien Covid-19.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif