Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar. Metro TV
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar. Metro TV

Primetime News

Wamenlu Ungkap Kunci Keberhasilan Indonesia Menjadi Presidensi G20 2022

Internasional Jokowi bali infrastruktur Jalan Tol KTT G20 G20
MetroTV • 03 Desember 2021 01:34
Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar mengungkapkan alasan keberhasilan Indonesia dipilih memegang Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022. Menurutnya, prinsip politik luar negeri Indonesia menjadi kunci utama.
 
"Postur dan prinsip Indonesia yang tidak memihak lah yang menjadi posisi sentral untuk menjembatani perbedaan kepentingan antar negara," tuturnya dalam Primetime News di Metro TV, Kamis, 2 Desember 2021.
 
Ia melihat, adanya anomali dalam kondisi global saat ini. Di satu sisi, ada krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi yang membutuhkan solusi bersama. Namun realitanya, isu kepemimpinan global yang semestinya merangkul kebersamaan ini sama sekali absen di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia yang memiliki politik luar negeri bebas aktif, dan kemampuan Presiden Joko Widodo menjembatani, itu bisa dipercaya untuk melakukan presidensi ini," kata dia.
 
Presiden Joko Widodo meresmikan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 1 Desember 2021 malam. Perhelatan ini nantinya akan berlangsung pada tahun 2022, di Bali. (Mentari Puspadini)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif