Salah satu kondisi jalanan di Wuhan saat memberlakukan lockdown covid-19. (Foto: AFP)
Salah satu kondisi jalanan di Wuhan saat memberlakukan lockdown covid-19. (Foto: AFP)

Kasus Baru Covid-19 Muncul, Wuhan akan Tes Semua Warganya

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Marcheilla Ariesta • 12 Mei 2020 17:15
Wuhan: Pemerintah kota Wuhan di Tiongkok kini tengah menyusun rencana untuk melakukan tes virus korona (covid-19) kepada seluruh warganya yang diestimasi berjumlah 11 juta orang. Kemungkinan tes massal covid-19 ini akan dilakukan dalam 10 hari ke depan.
 
Dilansir dari laman BBC, Selasa 12 Mei 2020, sejauh ini rencana tes massal tersebut masih berada dalam tahap awal. Menjelang hari pelaksanaan, seluruh wilayah di Wuhan diminta untuk menyerahkan data-data terkait.
 
Rencana tes massal di Wuhan diumumkan setelah enam kasus baru covid-19 ditemukan di Wuhan, kota yang pertama kali melaporkan kemunculan virus tersebut pada akhir Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, beberapa pejabat kesehatan senior mengindikasikan bahwa pengujian massal untuk seluruh warga kota merupakan hal yang sulit dilakukan. Salah satu faktor penghambatnya adalah biaya pelaksanaan tes.
 
Direktur Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, Peng Zhiyong, menyarankan agar tes covid-19 sebaiknya hanya dilakukan kepada mereka yang rentan atau pernah melakukan kontak dengan pasien.
 
"Pengujian lebih baik ditargetkan pada pekerja medis, orang-orang yang rentan, dan mereka yang memiliki kontak dekat dengan pasien," katanya.
 
Sedangkan Direktur Universitas Wuhan lainnya memprediksi Wuhan hanya mampu melakukan tes terhadap 6 hingga 8 juta orang dalam periode 10 hari.
 
Wuhan memberlakukan kebijakan penguncian wilayah selama 11 pekan sejak Januari lalu. Lockdown tersebut akhirnya dibuka pada 8 April lalu.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Selasa ini, total kasus covid-19 di Tiongkok berada di angka 84.011 dengan 4.637 kematian dan 79.202 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif