Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Dua Topan Besar Bergerak Menuju Semenanjung Korea

Internasional topan badai korea utara korea selatan
Willy Haryono • 02 September 2020 14:35
Seoul: Dua topan berkekuatan dahsyat bergerak ke arah Semenanjung Korea. Keduanya mengancam memicu banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya di Korea Selatan maupun Korea Utara.
 
Topan Maysak -- saat ini berada dalam status badai Kategori 4 -- diperkirakan tiba di Semenanjung Korea bagian selatan pada Rabu malam, 2 September 2020. Saat ini topan tersebut memiliki kecepatan putaran angin hingga 215 kilometer per jam, namun diperkirakan akan melemah menjadi badai Kategori 2.
 
Jika Topan Maysak tiba di Semenanjung Korea, maka akan menjadi badai keempat yang diberi nama sejauh ini di kawasan Asia. Maysak diambil dari bahasa Kamboja, yang merujuk pada salah satu jenis pohon di negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari CNN, Badan Meteorologi Korea (KMA) memprediksi Korsel akan dilanda hujan deras dan tiupan angin kencang yang dibawa Maysak pada malam ini hingga Kamis besok.
 
Satu angin ribut lainnya adalah Badai Tropis Haishen, yang diperkirakan akan menguat menjadi sebuah topan dalam kurun waktu 24 jam. Haishen diprediksi akan mencapai kekuatan Kategori 4 di akhir pekan.
 
Selain mengancam Semenanjung Korea, Haishen juga berpotensi melanda wilayah Kyushu di Jepang pada Minggu mendatang. Agensi Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa Haishen dapat menjadi badai terbesar ketiga yang melanda Negeri Sakura sejak hampir 70 tahun terakhir.
 
Korsel dan Korut sudah mempersiapkan diri menjelang kedatangan kedua topan. Dalam sebuah keterangan Kementerian Dalam Negeri di Seoul, Korsel telah mengerahkan sejumlah petugas ke beberapa lokasi yang diduga akan terkena dampak Topan Maysak.
 
Sementara kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa "langkah-langkah darurat telah diambil untuk meminimalisasi kerusakan" akibat hujan deras dan angin kencang yang akan melanda sejumlah wilayah di Korut.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif