Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tiongkok Klaim Penelitian Vaksin Korona Berkembang Pesat

Internasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 28 Mei 2020 17:35
Jakarta: Tiongkok mengklaim penelitian vaksin virus korona mengalami kemajuan pesat. Proses uji klinis dari vaksi tersebut diharapkan berjalan lancar.
 
"Penelitian vaksin sudah mencapai kemajuan besar. Ini berarti di bidang vaksin kami miliki banyak harapan," kata Direktur Divisi Asia Tenggara Biro Asia Partai Komunis Tiongkok, Xu Min, dalam seminar online dengan perwakilan pemerintah Tiongkok dengan tema Experience Exchange Fighting Covid-19 Pandemic Between Indonesia and China, Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Xu menyampaikan Tiongkok akan terbuka dengan hasil penelitian dan pembuatan vaksin virus korona. Vaksin tersebut akan dibagikan ke seluruh dunia jika sudah melewati uji klinis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Persis seperti saya sampaikan di sambutan saya, Sekjen (Partai Komunis) Xi Jinping di acara pembukaan WHA (World Health Assembly) sudah komitmen bahwa hasil penelitian dan penggunaan vaksin akan jadi produk global," ungkap dia.
 
Sebelumnya, Wakil Sekretaris Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Timur Valentinus Boro Tokan menanyakan perkembangan penelitian vaksin virus korona yang dilakukan Tiongkok. Dia mengatakan seluruh pihak menunggu pengembangan vaksin itu.
 
"Apakah sudah bisa diproduksi secara masal karena ini menjadi kabar bahagia bagi kita semua," kata Valentinus.
 
Baca: Lab di Tiongkok Klaim Miliki Obat Racik Covid-19 Tanpa Vaksin
 
Tiongkok mulai menguji klinis vaksin virus korona beberapa waktu lalu. Akademisi dari Akademi Teknik Tiongkok Wang Junzhi mengatakan seluruh pengembangan vaksin mengalami kemajuan dengan lancar.
 
“Sembilan tugas pertama yang diidentifikasi telah menyelesaikan sebagian besar pekerjaan penelitian dan pengembangan praklinis. Pada April, persiapan praklinis dapat diselesaikan dan aplikasi klinis serta uji coba akan dimulai satu demi satu,” kata Wang Junzhi, seperti dikutip China Securities Journal.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif