Kondisi di pasar elektronik Huaqiangbei di Shenzhen, Tiongkok, 12 Juli 2022. (Jade GAO / AFP)
Kondisi di pasar elektronik Huaqiangbei di Shenzhen, Tiongkok, 12 Juli 2022. (Jade GAO / AFP)

Wabah Covid-19, Tiongkok Tutup Sementara Pasar Elektronik Terbesar di Dunia

Marcheilla Ariesta • 29 Agustus 2022 16:32
Shenzen: Otoritas kota Shenzhen di Tiongkok menutup sementara Huaqiangbei, pasar elektronik terbesar di dunia. Mereka juga menangguhkan layanan di 24 stasiun kereta bawah tanah pada Senin, 29 Agustus 2022.
 
Langkah penutupan pasar elektronik dan stasiun kereta ini dilakukan dalam upaya mengekang wabah Covid-19 di seantero Shenzhen.
 
Sebanyak tiga bangunan utama di Huaqiangbei yang terdiri dari ribuan kios microchip, suku cadang telepon dan komponen lainnya ke produsen ditutup sementara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penutupan berlangsung hingga 2 September mendatang," kata otoritas kota Shenzhen, dikutip dari Channel News Asia.
 
Masyarakat setempat mengonfirmasi penutupan Huaqiangbei pada Senin ini. Sementara itu, tiga orang yang bekerja di pasar elektronik tersebut mengatakan, manajer gedung telah menyuruh mereka untuk bekerja dari rumah.
 
Layanan kereta bawah tanah Shenzhen juga dihentikan sementara mulai hari ini. Penghentian dilakukan untuk 24 stasiun di distrik Futian dan Luohu.
 
Hari ini, otoritas kota Shenzhen melaporkan sembilan kasus Covid-19 dengan gejala dan dua tanpa gejala (asimtomatik). Angka tersebut berasal dari hasil tes Covid-19 yang dilakukan satu hari sebelumnya.
 
Meski angka kasus harian di Shenzhen relatif rendah, otoritas setempat tampaknya tidak ingin mengambil risiko terjadinya penyebaran lebih lanjut. Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat Tiongkok yang menerapkan "nol Covid."
 
Baca:  Laba Pelaku Industri Tiongkok Juli Turun karena Kebijakan Nol Covid-19
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif