Ilustrasi erupsi gunung berapi. (Medcom.id)
Ilustrasi erupsi gunung berapi. (Medcom.id)

Abu Vulkanik Cemari Air Minum di Tonga, Kesehatan Warga Terancam

Internasional tsunami Erupsi Gunung Tsunami Hantam Tonga
Marcheilla Ariesta • 17 Januari 2022 15:48
Nuku'alofa: Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga telah memuntahkan abu vulkanik ke udara, dan sempat membuat langit di negara pulau tersebut menjadi gelap gulita. Tak hanya itu, abu vulkanik gunung Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai juga telah mencemari sumber air minum warga Tonga.
 
Kuatnya erupsi juga memicu gelombang tsunami yang menghantam pesisir Tonga dan beberapa negara Pasifik lainnya.
 
"Kebanyakan orang tidak menyadari abu itu beracun dan buruk bagi pernapasan mereka. Mereka harus selalu memakai masker," imbuh wakil kepala misi Tonga di Australia, Curtis Tu'ihalaningie, dilansir dari Metro US, Senin, 17 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, kepala parlemen Tonga Lord Fakafanua telah meminta "bantuan darurat" berupa makanan dan air minum kepada komunitas internasional. Permintaan disampaikan via media sosial di saat sebagian besar jaringan telekomunikasi di sana masih terputus.
 
"Komunikasi masih terputus, dan dampak penuh terhadap kondisi masyarakat dan properti di seantero negeri belum diketahui," sebut Lord Fakafanua.
 
"Apa yang kami ketahui adalah, Tonga membutuhkan bantuan darurat untuk memastikan kebutuhan makanan dan air minum terpenuhi di kalangan warga," sambungnya.
 
Mengenai bantuan, Tu'ihalaningie mengapresiasi langkah sejumlah negara Pasifik yang mulai bergerak membantu Tonga. Dua negara tetangga Tonga, Australia dan Selandia Baru, telah mengirim pesawat pengintai untuk memantau skala kerusakan di Tonga.
 
Namun Tu'ihalaningie mengatakan, otoritas Tonga masih menentukan bantuan-bantuan apa saja yang perlu diprioritaskan. Ia meminta pihak asing untuk bersabar dan tidak berbarengan datang ke Tonga untuk meminimalisasi dampak penyebaran Covid-19.
 
"Kami tidak ingin mendatangkan gelombang lain (tsunami Covid-19)," katanya.
 
Federal Palang Merah Internasional mengaku tengah memobilisasi jaringan regionalnya ke Tonga. Menurut Palang Merah, ini adalah erupsi gunung berapi terburuk yang pernah dialami Pasifik dalam beberapa dekade terakhir.
 
Saat ini, kendala paling parah dari erupsi dan tsunami adalah terputusnya jaringan telekomunikasi. Kabel internet bawah laut dikabarkan putus akibat letusan gunung di bawah laut tersebut.
 
Baca:  Dampak Erupsi dan Tsunami, Tonga akan Terisolasi Hingga 2 Pekan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif