WNI dipulangkan secara mandiri dari India. Foto: KBRI New Delhi.
WNI dipulangkan secara mandiri dari India. Foto: KBRI New Delhi.

47 WNI di India Kembali ke Indonesia Lewat Repatriasi Mandiri

Internasional perlindungan wni
Marcheilla Ariesta • 18 Juli 2020 19:48
New Delhi: KBRI New Delhi kembali memfasilitasi kepulangan 47 WNI tertahan di India melalui program repatriasi mandiri. Mereka kembali ke Indonesia menggunakan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA8230.
 
Penerbangan ini merupakan pesawat yang khusus disewa untuk mengangkut warga negara India dari Indonesia dan Singapura menuju New Delhi.
 
Dikutip dari pernyataan KBRI New Delhi, para WNI terdiri dari 16 mahasiswa, 10 pelaut, dua pelatih bulutangkis, delapan wisatawan, delapan profesional, dan tiga lainnya peziarah religi. Mereka datang dari wilayah negara bagian India berbeda, antara lain Tamil Nadu, Bangalore, Maharashtra, Uttar Pradesh, Uttarakhand, Punjab, Jharkhand, Karnataka, Haryana dan Delhi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kali ketiga KBRI memfasilitasi program repatriasi mandiri untuk memulangkan WNI yang tertahan ke Tanah Air. Meski dari jumlahnya lebih sedikit dari yang sebelumnya, tapi tak menyurutkan semangat Tim Sastgas KBRI untuk membantu saudara-saudara kita agar bisa pulang bertemu dengan keluarga dan orang tercinta di Tanah Air," kata Duta Besar RI Arto Suryodipuro.
 
Salah seorang WNI yang juga atlet sekaligus pelatih bulutangkis di akademi Rising Star, Negara Bagian Haryana yang masih remaja, Gading Nasrul, 16, mengatakan senang bisa kembali ke Indonesia.
 
"Saya seharusnya pulang April lalu, tapi India keburu lockdown jadi tertunda sampai sekarang baru bisa ikut. Mau kemana mana susah ditempat saya, bekal juga sudah menipis. Tapi Alhamdulillah, senang sekali bisa dibantu KBRI, akhirnya saya bisa pulang dan ikut lebaran Iduladha dengan orang tua di Indonesia," tuturnya.
 
Hal senada disampaikan mahasiswa Indonesia yang ikut program ini, Samsuddin. "Sejak kebijakan lockdown oleh Pemerintah India, proses belajar mengajar di kampus kami juga terhenti, teman-teman India pun sudah meninggalkan asrama," katanya.
 
"Hingga sekarang belum ada kepastian sampai kapan aktivitas kampus akan kembali normal, maka dari itu kami putuskan pulang dulu ke Indonesia lewat repatriasi ini. Terima kasih Satgas KBRI," ungkapnya.
 
Hingga saat ini, sebanyak 213 WNI yang tertahan di India berhasil dipulangkan. Repatriasi mandiri ini sudah dilakukan tiga kali.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif