Warga Australia antre melakukan tes covid-19 Sydney. Foto: AFP
Warga Australia antre melakukan tes covid-19 Sydney. Foto: AFP

Lawan Covid-19, Dokter Australia Butuh Masker daripada Pizza

Internasional Virus Korona australia Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 06 April 2020 13:21
Sydney: Para dokter dan pekerja rumah sakit di Australia mengatakan mereka setiap hari mendapat surat ucapan terima kasih, dan bahkan beberapa orang membawakan pizza untuk dimakan. Namun, mereka mengaku yang paling dibutuhkan saat ini adalah masker.
 
"Setiap hari kami menerima banyak surat terima kasih, beberapa orang membawakan pizza untuk kami, dan lain-lain. Tapi saya hanya ingin berkata, 'Hei, kami tidak lapar. Kami butuh masker'," tutur seorang dokter penjaga darurat, dilansir dari Channel News Asia, Senin 6 April 2020.
 
Sementara dokter dan perawat di beberapa rumah sakit berjuang untuk mendapatkan masker N95, terlihat beberapa warga malah mengenakannya untuk berjalan-jalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda lihat, banyak warga yang menggunakan masker N95, padahal di rumah sakit tidak cukup persediaannya," imbuh dokter yang tak mau disebutkan namanya tersebut.
 
Para dokter dan perwakilan serikat pekerja kesehatan mengatakan bahwa mereka telah diyakinkan pihak berwenang bahwa ada persediaan peralatan perlindungan diri (APD). Pihak berwenang juga sedang mengupayakan untuk menghasilkan lebih banyak APD bagi petugas medis.
 
Meski demikian, hingga saat ini petugas medis di beberapa rumah sakit di New South Wales mengandalkan pelindung wajah yang terbuat dari plastik dan karet gelang agar tetap aman.
 
"Beberapa bahkan menggunakan peralatan selam," tutur Presiden Asosiasi Medis Australia, Andrew Miller.
 
"Ini situasi yang penuh dengan konflik dan kebingungan," imbuhnya.
 
Dia menambahkan bahwa pedoman penggunaan APD di Australia hanya untuk petugas yang merawat pasien covid-19, sekarang tidak memadai karena penyakit ini sudah menyebar ke seluruh Negeri Kanguru. Pasalnya, kemungkinan pasien yang tiba di rumah sakit dengan kondisi lain, juga terpapar covid-19.
 
Mereka mengatakan APD standar tertinggi sekarang diperlukan di seluruh rumah sakit, untuk seluruh petugas medis dan pekerja rumah sakit. Terutama yang berada di unit gawat darurat.
 
Pekerja medis Australia telah mengirim petisi kepada Perdana Menteri Scott Morrison. Mereka menuntut akses APD yang aman.
 
Petisi tersebut sudah ditandatangani lebih dari 155.000 pekerja medis pada akhir pekan kemarin.
 
Sementara itu, Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt mengatakan pemerintah akan segera mendistribusikan 10 juta masker untuk para petugas kesehatan. Namun, belum diketahui kapan hal tersebut akan terlaksana.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif