Vaksin Sinovac pertama kali dipamerkan di publik. Foto: AFP.
Vaksin Sinovac pertama kali dipamerkan di publik. Foto: AFP.

Malaysia Masuk Daftar Penerima Prioritas Vaksin Covid-19 Tiongkok

Internasional vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 13 Oktober 2020 18:13
Kuala Lumpur: Tiongkok setuju memasukkan Malaysia dalam negara penerima prioritas vaksin virus korona (covid-19) jika sudah berhasil dikembangkan. Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein selama konferensi pers bersama dengan mitranya dari Tiongkok, Menlu Wang Yi.
 
"Kami menyambut baik dan menghargai komitmen Tiongkok dalam menyediakan vaksin covid-19 produksi mereka untuk Malaysia, setelah berhasil mengembangkan, dan mencantumkan negara kami sebagai penerima prioritas," kata Hishammuddin, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
"Kami juga menyambut baik kesepakatan Tiongkok utnuk mendorong perusahaan menjalin kerja sama menyeluruh dengan mitra di Malaysia dalam penelitian dan pengembangan, serta distribusi vaksin," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hishammuddin menambahkan Malaysia tengah memantau pengembangan vaksin dengan cermat. Ia menuturkan jika mendapatkan vaksin merupakan prioritas utama pemerintah Negeri Jiran saat ini.
 
"Jika kita ingin mencari jalan ke depan dalam menangani covid-19, hanya ada dua cara, yaitu mencegah dengan vaksinasi, dan pengobatan," terangnya.
 
Tiongkok mengatakan vaksin tersebut siap digunakan masyarakat umum paling cepat November mendatang.
 
"Kunjungan (Wang Yi) ke Kuala Lumpur merupakan platform baru bagi kami untuk memastikan kami tidak tertinggal dalam kerja sama dan koordinasi vaksin," lanjutnya.
 
Hishammuddin menambahkan jika Malaysia akan terus bernegosiasi dengan negara mitra mengenai hal vaksin.
 
"Malaysia membuat perjanjian diplomatik dengan mitra kami untuk memastikan ketika kami membuat keputusan berdasarkan uji coba, dan ketika diumumkan, Malaysia tidak akan tertinggal," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif