Aktivitas di salah satu sudut Bandara Internasional Pudong di Shanghai, Tiongkok. (Hector RETAMAL/AFP)
Aktivitas di salah satu sudut Bandara Internasional Pudong di Shanghai, Tiongkok. (Hector RETAMAL/AFP)

Covid-19 Mewabah di Shanghai, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Internasional Virus Korona tiongkok covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 24 November 2020 13:55
Shanghai: Ratusan penerbangan di salah satu bandara tersibuk di Tiongkok dibatalkan pada Selasa, 24 November 2020, di tengah upaya otoritas Shanghai dalam mengendalikan wabah lokal virus korona (covid-19). Otoritas kesehatan telah melakukan tes covid-19 ke ribuan staf di Bandara Internasional Pudong, sejak sekelompok kecil kasus covid-19 di kota tersebut terkait dengan petugas kargo bandara.
 
Tiongkok, negara tempat pertama kali munculnya covid-19 tahun lalu -- secara umum telah berhasil mengendalikan penyebaran virus tersebut melalui larangan perjalanan dan penguncian (lockdown). Namun Tiongkok kini menghadapi wabah lokal covid-19 di beberapa kota.
 
Dilansir dari The Straits Times, Shanghai telah mencatat tujuh infeksi lokal covid-19 terkait dengan klaster bandara bulan ini. Sebagian besar dari total kasus tersebut ditemukan dalam beberapa hari terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wabah lokal di Shanghai memicu rencana vaksinasi terhadap pekerja bandara. Sebelumnya, Pemerintah Tiongkok telah menjalankan program vaksinasi kepada jajaran pegawai negeri, mahasiswa internasional, dan pekerja esensial sejak Juli lalu.
 
Selasa lalu, data dari VariFlight memperlihatkan bahwa lebih dari 500 penerbangan dari Bandara Pudong telah dibatalkan. Pembatalan juga dilakukan terhadap penerbangan menuju Bandara Pudong.
 
Selain di Pudong, pembatalan penerbangan juga terjadi di Bandara Internasional Tianjin, kota pelabuhan di wilayah utara. Otoritas Tianjin sudah melakukan tes terhadap sekitar 2,6 juta warga dalam upaya mengendalikan klaster lokal.
 
Pemerintah Tiongkok telah mendorong kampanye tes covid-19 massal untuk seantero negeri. Kampanye ini bertujuan merespons kemunculan klaster-klaster lokal covid-19, seperti yang terjadi saat ini di Shanghai.
 
Belakangan ini, otoritas Tiongkok mulai mengalihkan fokus ke makanan impor beku dan kargo lainnya, yang diyakini sebagai sumber dari kemunculan kembali covid-19 di tengah masyarakat Negeri Tirai Bambu.
 
Baca:  4,75 Juta Warga di Xinjiang Tes Massal Covid-19
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif