Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).
Ilustrasi gempa. (Foto: Medcom.id).

Gempa Bermagnitudo 5,9 Guncang Selandia Baru

Internasional Gempa Bumi
Marcheilla Ariesta • 25 Mei 2020 08:51
Wellington: Gempa bumi magnitudo 5,9 mengguncang Selandia Baru. Pusat gempa berada dekat dengan ibu kota Wellington.
 
Gempa berkekuatan 5,8 itu berada di kedalaman 37 kilometer dengan pusat gempa 30 kilometer barat laut Levin. Geonet yang pertama kali mengklasifikasi gempa tersebut.
 
Meski demikian, dilansir dari Global News, Senin 25 Mei 2020, tidak ada laporan kesesatan yang dilaporkan berlangsung selama lebih dari 30 detik. Hal tersebut menyebabkan kepanikan di ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa orang di kantor dan rumah berlindung. Bahkan, Perdana Menteri Jacinda Ardern yang saat itu diwawancara di televisi gedung parlemen turut merasakannya.
 
"Goyangannya lumayan di sini. Jika kau melihat sesuatu bergerak di belakang saya. Sarang Lebah (sebutan untuk Gedung Parlemen) bergerak lebih dari biasanya," kata Ardern sembari berkelakar.
 
Ardern meyakinkan tuan rumah bahwa dia aman dan wawancara dilanjutkan.
 
"Saya tidak berada di bawah lampu gantung, dan sepertinya saya berada di tempat yang kuat secara struktural," imbuh dia.
 
Selandia Baru terletak di Cincin Api Samudra Pasifik yang secara seismik aktif. Namun, hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan, walau demikian semua kereta di Wellington ditangguhkan sementara.
 
Pada 2011, kota Christchurch di Selandia Baru diguncang gempa magnitudo 6,3 dan menewaskan 185 orang. Kemudian pada 2016, gempa magnitudo 7,8 melanda Pulau Kaukoura dan menewaskan dua orang yang menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif