Pemandangan salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Taipei, Taiwan. (Foto: AFP)

Taiwan Investigasi Dugaan Kasus Covid-19 Perdana dalam Sebulan

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 28 Juli 2020 16:25
Taipei: Taiwan menginvestigasi dugaan adanya kasus virus korona (covid-19) dari transmisi lokal yang kembali muncul dalam sebulan terakhir. Investigasi dilakukan terhadap seorang pria Thailand di Taiwan, yang dinyatakan positif covid-19 pekan kemarin.
 
Respons awal Taiwan dalam menangani covid-19 relatif efektif, karena angka kasusnya hanya 467 dengan tujuh kematian. Sebagian besar infeksi covid-19 di Taiwan merupakan tipe impor, dan banyak dari mereka sudah dinyatakan sembuh.
 
Sebelum kemunculan pria Thailand yang positif covid-19, Taiwan tidak memiliki satu pun infeksi lokal sejak 24 Juni. Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan mengaku sedang menyelidiki di mana dan kapan pria itu terjangkit covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria tersebut, yang diketahui sebagai pekerja migran, tiba di Taiwan pada Januari dan dinyatakan positif covid-19 pada 25 Juli. Diagnosis muncul tak lama usai dirinya kembali dari Thailand.
 
Lebih dari 180 orang yang pernah melakukan kontak dengan pria itu di Taiwan sudah menjalani pemeriksaan kesehatan.
 
"Kami akan melakukan pemeriksaan menyeluruh, dan mengklarifikasi bagaimana dan kapan ia terinfeksi," kata Wakil Ketua Pusat Komando Epidemi Pusat Taiwan, Chuang Jen-hsiang kepada awak media di Taipei.
 
Taiwan juga mencatat adanya tambahan lima infeksi covid-19 pada Selasa ini, yang semuanya merupakan kasus impor. Tambahan kasus impor ini merupakan yang terbesar di Taiwan sejak pertengahan April lalu.
 
Lima kasus baru ini merupakan orang yang kembali ke Taiwan dari Filipina dan Hong Kong.
 
Perbatasan Taiwan sudah menutup rapat sejak pertengahan Maret. Pemerintah Taiwan cenderung hati-hati dalam membuka kembali perbatasan demi mencegah adanya gelombang kedua covid-19. Saat ini, tercatat hanya ada 20 kasus aktif covid-19 di Taiwan.
 

(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif