Juru Bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian. (AFP)
Juru Bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian. (AFP)

Tiongkok Ancam Tindakan Balasan Jika AS Boikot Olimpiade Beijing 2022

Internasional Amerika Serikat Tiongkok Olimpiade Beijing 2022
Medcom • 07 Desember 2021 12:41
Beijing: Kementerian Luar Negeri Tiongkok menegaskan bahwa Amerika Serikat harus berhenti menyerukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Hal itu bertujuan untuk menghindari rusaknya hubungan bilateral.
 
Namun jika AS pada akhirnya melakukan boikot diplomatik, maka Tiongkok akan mengambil "tindakan balasan."
 
Pekan ini, pemerintahan Presiden Joe Biden diperkirakan akan mengumumkan rencana ketidakhadiran delegasi AS dalam Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari The Straits Times, Selasa, 7 Desember 2021, Juru Bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian mengatakan, seruan boikot merupakan langkah "sombong" yang harus segera dihentikan "agar tidak mempengaruhi dialog dan kerja sama antara Tiongkok dan AS di berbagai bidang penting."
 
"Jika AS bersikeras dengan sengaja berpegang teguh pada jalannya, maka Tiongkok akan mengambil tindakan balasan yang tegas," kata Lijian dalam konferensi pers.
 
Biden mengatakan pada bulan lalu bahwa dirinya mempertimbangkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing 2022. Alasan di balik boikot adalah untuk memprotes catatan Hak Asasi Manusia (HAM) Tiongkok, termasuk mengenai dugaan genosida terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.
 
Laporan CNN mengatakan, pemerintah AS telah berada di bawah tekanan dari para aktivis dan anggota Kongres untuk memboikot Olimpiade Beijing 2022. Gedung Putih AS menolak untuk berkomentar terkait tekanan tersebut.
 
Masih dari laporan CNN, langkah boikot AS tidak akan mencegah para atlet Negeri Paman Sam untuk berkompetisi dalam ajang olahraga di ibu kota Tiongkok tahun depan. (Nadia Ayu Soraya)
 
Baca:  AS Kembali Lontarkan Wacana Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif