Korea Selatan mulai pengetatan pengawasan setelah munculnya varian Omicron. Foto: AFP
Korea Selatan mulai pengetatan pengawasan setelah munculnya varian Omicron. Foto: AFP

Warga Korsel Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi Saat Kunjungi Area Publik

Internasional korea selatan covid-19 Omicron Varian Omicron
Marcheilla Ariesta • 03 Desember 2021 16:27
Seoul: Korea Selatan (Korsel) mengumumkan warga wajib menunjukkan bukti vaksin saat mengunjungi rumah makan, bioskop, dan ruang publik lainnya. Pengumuman ini disampaikan di tengah lonjakan infeksi covid-19, dengan lima kasus diantaranya terdeteksi sebagai varian Omicron.
 
Pemerintah juga memberlakukan kembali batasan pada pertemuan pribadi yang baru saja dilonggarkan beberapa waktu lalu. Langkah tersebut diambil karena Negeri Ginseng mencatat jumlah kasus tertinggi pekan ini.
 
Sebelumnya, pihak berwenang berupaya menghentikan pengecualian karantina untuk pengunjung yang divaksinasi sepenuhnya. Mereka juga mewajibkan 10 hari karantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perdana Menteri Korea Selatan, Kim Boo-kyun dalam pertemuan tanggapan covid-19 mengatakan, menetapkan rencana untuk mengurangi risik penyebaran varian baru di komunitas.
 
"Mulai Senin depan, orang yang mengunjungi 14 ruang publik yang ditunjuk, termasuk tempat perhotelan dan hiburan, harus menunjukkan izin vaksin," kata Kim, dilansir dari Korea Herald, Jumat, 3 Desember 2021.
 
Begitu pula dengan warga yang melakukan kunjungan di tempat berisiko tinggi, seperti gym, sauna dan bar, serta restoran dan cafe.
 
Mulai Februari, siapa pun yang berusia 12 tahun atau lebih harus menunjukkan izin vaksinasi. Pemerintah memutuskan untuk menurunkan isu pengecualian, yang saat ini ditetapkan pada usia 17 tahun.
 
Langkah tersebut untuk mendorong remaja mendapatkan vaksinasi karena kelompok usia di bawah 18 tahun menyumbang 20 persen dari semua infeksi.
 
"Batas pertemuan pribadi dipangkas menjadi enam orang di wilayah Seoul, dan delapan di luar," kata Menteri Kesehatan Kwon Deok-cheol.
 
Korea Selatan sejauh ini telah mengonfirmasi total lima kasus Omicron setelah pasangan yang divaksinasi lengkap dinyatakan positif varian tersebut. Mereka tiba pekan lalu dari Nigeria.
 
Para pasien tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan seperti sakit kepala, demam, pusing dan sakit tenggorokan.
 
Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 4.944 kasus covid-19 pada Kamis kemarin. Total kasus tercatat 462.555, dengan 3.739 kematian.
 
Korea Selatan telah memvaksinasi penuh 91,6 persen dari populasi orang dewasanya yang berusia 18 tahun ke atas.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif