Premier Victoria Daniel Andrews. (AFP)
Premier Victoria Daniel Andrews. (AFP)

Lockdown Melbourne Segera Dicabut usai Nol Kasus Covid-19

Internasional Virus Korona australia pandemi covid-19
Willy Haryono • 26 Oktober 2020 14:42
Melbourne: Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, akan segera mencabut kebijakan penguncian (lockdown) usai negara bagian Victoria mencatat nol kasus harian virus korona (covid-19) pada Senin, 26 Oktober 2020. Lockdown di Melbourne akan mulai dicabut pada Selasa tengah malam.
 
Nantinya semua restoran, salon kecantikan, dan toko-toko retail di Victoria dapat kembali membuka pintu mereka kepada pengunjung.
 
Otoritas Melbourne dan keseluruhan Victoria mencatat nol kasus covid-19 dalam 24 jam terakhir pada Senin ini, yang merupakan kali pertama terjadi sejak 9 Juni lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengumumkan rencana pelonggaran lockdown, Premier Victoria Daniel Andrews menyebut hari ini sebagai "hari yang emosional."
 
"Ini adalah tahun yang sangat sulit. Warga Victoria telah banyak berkorban, dan saya merasa bangga kepada mereka semua," kata Andrews kepada awak media di Melbourne, dikutip dari laman Times of Malta.
 
Para pengguna media sosial di Victoria menyebut nol kasus covid-19 sebagai "Hari Donat," yang tagarnya masuk kategori trending di Twitter. Banyak warga Victoria merayakan hari ini dengan berfoto bersama donat.
 
Baca:Victoria Catat Nol Kasus Harian Covid-19
 
Juli lalu, kasus harian covid-19 di Victoria sempat melampaui 700. Namun aturan tetap berada di rumah (stay-at-home) dan juga jam malam telah berhasil menekan lonjakan infeksinya.
 
Pekan kemarin, warga Melbourne mendapat waktu dua jam untuk bersosialisasi atau berolahraga di luar ruangan, namun dibatasi hanya dalam radius 5 kilometer dari rumah.
 
Lockdown ketat di Melbourne sempat mendapat penentangan, terutama dari kalangan pengusaha. Namun Andrews menegaskan lockdown diperlukan demi meredam covid-19 sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif