PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)
PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)

Warga Miskin India Kelaparan akibat Lockdown, Modi Minta Maaf

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 30 Maret 2020 06:37
New Delhi: Perdana Menteri Narendra Modi meminta maaf kepada masyarakat miskin India yang terkena dampak terparah dari kebijakan penutupan wilayah atau lockdown selama berlangsungnya pandemi virus korona (covid-19). Ia menyadari kebijakannya telah membuat banyak warga India menderita.
 
"Saya meminta maaf karena telah mengambil langkah keras yang menyulitkan kehidupan kalian semua, terutama masyarakat miskin," ujar PM Modi dalam pidatonya di sebuah radio nasional, Minggu 29 Maret 2020.
 
"Pasti banyak dari kalian yang marah kepada saya. Tapi langkah keras ini diperlukan untuk menang dalam pertempuran," sambungnya, dilansir dari Al Jazeera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Modi menerapkan lockdown di India pada 25 Maret untuk 21 hari ke depan. Tujuannya adalah menekan angka penyebaran covid-19 di seantero India.
 
Namun keputusan tersebut menghantam jutaan warga miskin di India. Banyak dari mereka kelaparan, dan sejumlah pekerja migran melarikan diri dari berbagai kota besar karena pekerjaan mereka dihentikan.
 
"Masyarakat miskin mungkin berpikir, perdana menteri seperti apa yang membuat hidup kami menjadi semakin susah," tutur PM Modi, yang meminta warga untuk mengerti bahwa sudah tidak ada opsi lagi.
 
"Langkah-langkah yang diambil sejauh ini akan membuat India berjaya atas virus korona," lanjutnya.
 
Kamis kemarin, Pemerintah India mengumumkan paket stimulus ekonomi yang nantinya berujung skema penyaluran uang tunai dan makanan kepada masyarakat miskin. Saat ini, sekitar seperempat dari total 1,3 miliar warga India hidup di bawah garis kemiskinan.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Minggu 29 Maret malam, total kasus covid-19 di India mencapai 987 dengan 25 kematian dan 87 pasien sembuh.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif