Pemimpin Partai Buruh Australia Anthony Albanese saat menyampaikan pidato kemenangan di Sydney, 21 Mei 2022. (Wendell Teodoro / AFP)
Pemimpin Partai Buruh Australia Anthony Albanese saat menyampaikan pidato kemenangan di Sydney, 21 Mei 2022. (Wendell Teodoro / AFP)

Kalahkan Scott Morrison, Anthony Albanese akan Jadi PM Baru Australia

Willy Haryono • 22 Mei 2022 08:29
Canberra: Partai Buruh Australia meraih kemenangan atas kubu konservatif untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir di pemilihan umum nasional pada Sabtu, 21 Mei 2022. Dengan 90 persen suara yang sudah dihitung, Partai Buruh meraih 73 dari 151 kursi, sementara koalisi liberal nasional Perdana Menteri Scott Morrison hanya 51.
 
Pemimpin partai buruh Australia, Anthony Albanese, akan menjadi PM baru di Australia.
 
Dalam pidato kekalahannya, Scott Morrison mengatakan bahwa ia "mengakui berfungsinya sistem demokrasi" di Australia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Pemilu Australia Dimulai, Partai Buruh Bertekad Kalahkan Konservatif
 
"Saya selalu percaya kepada warga Australia dan penilaian mereka, dan saya juga siap bersiap menerima apa pun hasilnya. Malam ini, mereka telah menyampaikan keputusan mereka," ungkap Morrison, dikutip dari Anadolu Agency.
 
"Dan saya mengucapkan selamat kepada Anthony Albanese dan Partai Buruh, dan saya mengharapkan yang terbaik dari pemerintahannya," sambung dia.
 
Albanese berterima kasih kepada masyarakat Australia atas "kehormatan luar biasa ini." Ia merasa terhormat mendapat kesempatan untuk menjadi PM ke-31 di Australia.
 
"Tim Partai Buruh saya akan bekerja setiap hari untuk menyatukan masyarakat Australia. Dan saya akan memimpin sebuah pemerintahan yang layak bagi masyarakat Australia," ungkapnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif