Vaksin amat dibutuhkan untuk mengatasi virus korona. Foto: AFP
Vaksin amat dibutuhkan untuk mengatasi virus korona. Foto: AFP

Kisaran Harga dari Tiga Vaksin Covid-19 Potensial

Internasional Virus Korona vaksin covid-19 Sinovac Pfizer
Fajar Nugraha • 23 November 2020 13:30
Jakarta: Perusahaan vaksin masih terus melakukan penelitian dan pengembangan mencari penangkal virus korona (covid-19). Harapan muncul ketika Moderna dan Pfizer bersama BioNTech mengumumkan bahwa vaksin covid-19 mereka manjur hingga 95 persen.
 
Sedianya pengembangan vaksin tidak bisa berlansung cepat. Namun vaksin dari perusahaan di atas sudah atau masih menjalani uji coba Fase Tiga.
 
Selain Moderna dan Pfizer, produsen vaksin asal Tiongkok, Sinovac menunjukkan potensi mampu bentuk respons imunitas dengan cepat. Kini, muncul pertanyaan, apabila sudah diproduksi, berapa harga dari ketiga vaksin tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Medcom.id, Senin 23 November 2020, merangkum kemungkinan harga dari vaksin keluaran tiga manufaktur tersebut. Potensi harga itu antara lain:

1. Vaksin Moderna

Kepala Eksekutif Moderna Stephane Bancel menyebutkan bahwa perusahaannya akan mengenakan biaya vaksin covid-19 sebesar USD25 (kurs Rp14.500) sebesar Rp362 ribu hingga USD37 per dosis.
 
"Karena itu, biaya vaksin kami hampir sama dengan suntikan flu, yaitu antara USD10 dan USD50," katanya seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 22 November 2020.
 
Seorang pejabat Uni Eropa yang terlibat dalam pembicaraan tersebut mengatakan Komisi Eropa ingin mencapai kesepakatan dengan Moderna untuk pasokan jutaan dosis kandidat vaksinnya dengan harga di bawah USD25 per dosis.
 
Manufaktur asal Amerika Serikat (AS) itu mengatakan uji coba vaksin itu secara 94,5 persen efektif dalam mencegah covid-19 berdasarkan data sementara dari uji klinis tahap akhir.

2. Vaksin Pfizer-BioNTech

Manufaktur obat berbasis di New York, Pfizer berkolaborasi dengan perusahaan Jerman BioNTech untuk mengembangkan vaksin covid-19.
 
Pfizer dan BioNTech pekan lalu mengatakan analisis awal dari kandidat vaksin mereka menunjukkan bahwa itu 95 persen lebih efektif dalam mencegah infeksi virus korona. Vaksin ini terdiri dari dua suntikan dengan jarak 21 hari.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif