Warga Wuhan, Tiongkok mulai kembali beraktivitas jelang pencabutan lockdown. Foto: AFP
Warga Wuhan, Tiongkok mulai kembali beraktivitas jelang pencabutan lockdown. Foto: AFP

Jelang Pencabutan Lockdown, Warga Wuhan Diminta Tetap Waspada

Internasional Virus Korona tiongkok Coronavirus virus corona
Harianty • 06 April 2020 19:03
Wuhan: Dua hari jelang dibukanyalockdownkota Wuhan, para ahli memperingatkan, pembukaan gerbang Kota Wuhan tidak berarti bahwa semua pengawasan dicabut. Ini tidak berarti tindakan pencegahan dan pengendalian menjadi lemah.
 
Seperti dilansir situsIfeng NewsSenin, 6 April 2020, Wakil Sekretaris Komite Politik dan Hukum Komite Partai Kota Wuhan Wuhan Luo Ping mengatakan, "Saat ini, fokus pengendalian area dijalankan dengan tertib, bukan optimisme buta.”
 
Baginya, pencegahan dan pengendalian atas virus korona covid-19 tidak sepatutnya kendor. Hal tersebut juga sempat diutarakan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivitas warga pun diyakini akan meningkat setelah pembukaan kembali Wuhan, setelahlockdown. Semua pihak patut khawatir, karena Wuhan menjadi pusat penyebaran wabah virus korona.
 
“Dimulainya kembali produksi dan kerja baru-baru ini, aliran orang-orang di kota telah meningkat secara signifikan. Ini merupakan kesulitan dalam pencegahan dan pengendalian pada tahap ini,” tutur Sekretaris Komite Partai dan Direktur Komite Lingkungan Distrik Qiaokou Wuhan Pan Lijuan.
 
Ia mengatakan bahwa penting untuk menjelaskan bagi yang ingin bepergian, untuk memperkuat perlindungan diri mereka. Bagi yang memiliki kode hijau kesehatan dan sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh lembaga setelah menyelesaikan karantina selama 14 hari, memang diizinkan untuk bepergian.
 
"Kami juga menyarankan kepada penduduk kurangi bepergian. Jika sangat mendesak dan Anda harus keluar, hanya satu orang per rumah yang boleh keluar, dengan durasi dua jam untuk berbelanja. Setelah bukalockdown, kami juga akan menetapkan bahwa kewaspadaan terhadap epidemi tidak dapat dikurangi,” tegas Pan Lijuan.
 
Pan mengatakan bahwa prinsip dasar empat kewajiban yang masih harus ditaati. Kewajiban itu antara lain, identitas harus ditanyakan, suhu tubuh harus diukur, informasi harus dicatat, dan masker harus dipakai.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif