NEWSTICKER
Pasukan Afghanistan melalukan penjagaan di sekitar wilayah yang diserang. Foto: AFP
Pasukan Afghanistan melalukan penjagaan di sekitar wilayah yang diserang. Foto: AFP

ISIS Klaim Serang Rumah Ibadah Afghanistan

Internasional afghanistan
Marcheilla Ariesta • 25 Maret 2020 18:07
Kabul: Kelompok teror Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan rumah ibadah Sikh di Kabul, Afghanistan. Insiden ini menewaskan 11 orang, termasuk anak kecil.
 
Baca: Bom Guncang Rumah Ibadah di Kabul, 4 Orang Tewas.
 
Pengakuan ISIS disampaikan lewat media propaganda mereka, Aamaq. Klaim diumumkan setelah kelompok Taliban membantah terlibat dalam serangan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah insiden tersebut, pasukan keamanan Afghanistan mengunci wilayah tersebut dan membalas serangan. "Orang-orang terjebak di dalam gedung dan pasukan keamanan berusaha menyelamatkan mereka," kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian, dilansir dari Aljazeera, Rabu 25 Maret 2020.
 
Seorang anggota parlemen dari komunitas minoritas Sikh, Narindra Singh Khalsa mengatakan, dia berada dekat dengan Gurdwara - tempat ibadah Sikh - ketika serangan terjadi. 11 orang tewas termasuk seorang anak yang mayatnya dibawa ke rumah sakit Kabul.
 
"Sedikitnya 11 orang tewas dan 11 lainnya cedera dalam serangan di Dharamshala, sebuah wilayah minoritas Sikh di Kabul," sebut seorang anggota keamanan kepada Tolo News.
 
"Tiga penyerang masih bertarung dengan pasukan keamanan dan satu telah ditembak. Pasukan asing juga menanggapi serangan terhadap kuil itu,” katanya dalam sebuah tweet.
 
Polisi Kabul mengatakan bahwa setidaknya 11 anak telah diselamatkan dari gurdwara. Kementerian Dalam Negeri mengatakan lantai pertama Gurdwara telah dibersihkan. Kini pasukan khusus Afghanistan dan pasukan internasional bergerak perlahan di seluruh sisa bangunan.
 
Awal bulan ini, kelompok afiliasi ISIS menyerang sebuah pertemuan minoritas Muslim Syiah di Kabul dan menewaskan 32 orang. Dua tahun lalu, ISIS juga pernah menyerang acara keagamaan Sikh di Afghanistan yang menewaskan 19 orang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif