Dubes Tiongkok untuk Korut yang baru sudah mulai menjalankan tugasnya. (AFP)
Dubes Tiongkok untuk Korut yang baru sudah mulai menjalankan tugasnya. (AFP)

Dubes Baru Tiongkok Tiba di Korut di Tengah Rangkaian Uji Rudal

Marcheilla Ariesta • 28 Maret 2023 21:36
Pyongyang: Tiongkok mengatakan, duta besar barunya untuk Korea Utara (Korut) telah resmi menjabat di Pyongyang. Ini menjadi tanda Korut akan membuka kembali hubungan diplomatik di sana.
 
Semenjak pandemi, Korut menutup perbatasan mereka. 
 
"Wang Yajun akan membantu dalam pengembangan persahabatan tradisional antara tetangga dekat yang berbagi gunung dan sungai," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 28 Maret 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok menjadi sumber utama bantuan ekonomi dan dukungan politik Korea Utara. Tapi interaksi kedua negara ini terganggu karena pandemi covid-19.
 
Unggahan duta besar itu muncul ketika media pemerintah Korea Utara melaporkan, pemimpin Kim Jong Un mendesak para ilmuwan nuklirnya untuk meningkatkan produksi bahan senjata untuk membuat bom guna memperluas jangkauan senjata negara itu.
 
Baca juga: Kim Jong-Un Dorong Perluasan Produksi Senjata Bahan Nuklir
 
Laporan mengikuti serangkaian peluncuran rudal dan meningkatnya ancaman untuk menggunakan senjata terhadap musuh Korea Utara. Bulan ini saja, sudah tujuh rudal ditembakkan dari sana.
 
Tes senjata Korea Utara dan latihan militer Amerika Serikat (AS)-Korea Selatan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.
 
Dukungan Tiongkok untuk Korea Utara dan Rusia dipandang sebagai tindakan pembangkangan terhadap tatanan dunia liberal yang dipimpin AS, bersamaan dengan memastikan keamanan di sepanjang perbatasannya.
 
Sementara Beijing telah menyetujui sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Korea Utara atas uji coba nuklirnya, Negeri Tirai Bambu telah berulang kali meyakinkan dukungan rezim Kim untuk mencegah keruntuhannya dan potensi konsekuensi kemanusiaan, militer, dan politik yang mungkin terjadi.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif