Petugas kesehatan mengambil sampel warga yang mengikuti tes covid-19 di Seoul, Korsel. (Foto: AFP)
Petugas kesehatan mengambil sampel warga yang mengikuti tes covid-19 di Seoul, Korsel. (Foto: AFP)

Kasus Covid-19 Meningkat, Korsel Wacanakan Pembatasan Ketat

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 29 Juni 2020 11:20
Seoul: Korea Selatan mencatat tambahan 42 infeksi virus korona (covid-19) pada Senin 29 Juni 2020. Ini merupakan kelanjutan dari bertambahnya jumlah kasus covid-19 secara berkala di Korsel, terutama di wilayah ibu kota Seoul.
 
Dilansir dari Global News, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC) mengonfirmasi total kasus covid-19 di Korsel mencapai 12.757 dengan 282 kematian.
 
Sebanyak 24 kasus baru covid-19 di Korsel berasal dari Seoul dan beberapa area metropolitan di dekatnya. Sejak akhir Mei, Seoul telah menjadi pusat dari kemunculan kembali covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara 12 kasus baru covid-19 lainnya di Korsel terkait dengan kedatangan penumpang internasional.
 
Korsel mencatat ratusan kasus covid-19 per hari pada akhir Februari dan awal Maret, yang lonjakannya pertama kali terdeteksi di kota Daegu. Setelah angka rata-rata kasus baru covid-19 di Korsel menurun, lonjakan kembali terjadi di Seoul.
 
Berbeda dengan Daegu, otoritas kesehatan Korsel terlihat kesulitan mendeteksi transmisi covid-19 di Seoul dan area sekitarnya yang dihuni sekitar 51 juta jiwa.
 
Demi mengantisipasi gelombang penyebaran yang lebih parah, Menteri Kesehatan Park Neung-hoo pun mewacanakan pembatasan yang lebih ketat. Aturan ekstra ketat akan diterapkan di Seoul dan area sekitarnya jika angka infeksi terus melonjak.
 
Pembatasan ketat yang diwacanakan di antaranya melarang pertemuan yang melibatkan di atas 10 orang, menutup sekolah, menghentikan turnamen olahraga, dan menutup sejumlah tempat usaha non-esensial.
 
"Aturan ketat akan diterapkan jika angka kasus harian covid-19 meningkat dua kali lipat sebanyak dua kali atau lebih dalam rentang waktu sepekan," ujar Park.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif