Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi terjadinya ledakan bom truk di Kabul. (AFP)
Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi terjadinya ledakan bom truk di Kabul. (AFP)

ISIS Klaim Ledakan yang Mengenai Dua Minibus di Kabul

Internasional konflik afghanistan afghanistan isis
Willy Haryono • 13 Juni 2021 19:04
Kabul: Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas ledakan yang mengenai dua mobil minibus di Kabul, Afghanistan, pada Sabtu kemarin. Ledakan di wilayah didominasi aliran Syiah itu menewaskan tujuh warga sipil, termasuk dua staf perusahaan film.
 
Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam, kelompok terafiliasi ISIS di Afghanistan mengatakan bahwa beberapa anggota mereka telah meledakkan dua minibus dengan menggunakan bom tipe sticky bomb.
 
Belakangan, taktik menempelkan bom ke mobil yang terjebak lalu lintas sering digunakan grup ekstremis seperti ISIS dalam menebar teror di kalangan masyarakat Afghanistan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang sutradara bernama Sahra Karimi menuliskan di Twitter bahwa dua staf Organisasi Film Afghanistan, Fatima Mohammadi dan Tayiba Musavi, tewas dalam ledakan di Kabul. Keluarga kedua korban mengidentifikasi jasad mereka di sebuah rumah sakit di wilayah ibu kota.
 
Dilansir dari San Francisco Chronicle pada Minggu, 13 Juni 2021, Karimi mengatakan Mohammadi dan Musavi adalah dua animator yang menggarap film animasi anak-anak. Keduanya tewas dalam perjalanan pulang ke rumah.
 
Satu ledakan lainnya terjadi di depan rumah sakit Muhammad Ali Jinnah, tempat di mana sebagian besar pasien Covid-19 wilayah ibu kota dirawat.
 
Sebelumnya pada bulan inii, ISIS juga telah mengklaim bertanggung jawab atas ledakan yang mengenai empat minibus di Kabul. Ledakan tersebut menewaskan setidaknya 18 orang.
 
Selama ini afiliasi ISIS di Afghanistan sering melancarkan serangannya di wilayah yang didominasi kelompok Syiah, termasuk etnis Hazara.
 
Pada 8 Mei, serangan di sebuah sekolah di Kabul menewaskan hampir 100 orang, yang semuanya berasal dari kelompok etnis Hazara. Sebagian besar dari korban tewas adalah siswi yang hendak pulang dari sekolah.
 
Baca:  ISIS Klaim Ledakan di Masjid Kabul yang Tewaskan 12 Orang
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif