Perawat menggunakan APD pantau pasien terinfeksi covid-19. AFP
Perawat menggunakan APD pantau pasien terinfeksi covid-19. AFP

Indonesia Gaet Swasta Bantu WHO Hadapi Covid-19

Internasional Virus Korona virus corona
Marcheilla Ariesta • 15 Mei 2020 20:17
Jakarta: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengurangi pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kurangnya suntikan dana dikhawatirkan menjadi kendala bagi kinerja WHO terlebih dalam mengatasi wabah virus korona.
 
Di tengah situasi ini, Indonesia menggalang kerja sama dengan negara lain untuk membantu WHO. Apalagi AS merupakan salah satu pendonor yang cukup besar pendanaannya bagi WHO.
 
"Kita gaet dan libatkan pemangku kepentingan lain seperti dari sektor swasta, BUMN, dan lain sebagainya untuk membantu WHO bekerja sama meningkatkan teknologi dan menuntaskan virus korona ini," kata Direktur Sosial Budaya dan Kerja Sama Organisasi Internasional Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri Kamapradipta Isnomo, Jumat 15 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Trump akan Hentikan Semua Pendanaan untuk WHO
 
Trump memutuskan untuk menghentikan pendanaan terhadap WHO pertengahan April lalu. WHO merupakan garda depan di tengah kondisi darurat kesehatan global yang entah kapan akan berakhir.
 
Akibatnya, dana untuk WHO bisa terpangkas hingga USD500 juta atau Rp7,8 triliun setahun. Tentu saja, itu kejutan yang tak menyenangkan bagi banyak pihak.
 
Amerika Serikat adalah penyedia dana terbesar untuk WHO dengan kontribusi lebih dari 14 persen dari anggaran organisasi global itu pada 2019. Trump merasa punya alasan untuk membekukan pendanaan ke WHO. Menurutnya, tindakan WHO ketika awal penyebaran covid-19 mengecewakan sehingga banyak korban berjatuhan.
 
Per hari ini, 15 Mei 2020, korban positif covid-19 di dunia mencapai lebih dari 4,4 juta. Dari jumlah tersebut 302.493 orang meninggal dunia.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif