Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Lepas Pantai Taiwan

Willy Haryono • 23 Maret 2022 06:01
Taipei: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang lepas pantai timur Taiwan pada Rabu dini hari, 23 Maret 2022. Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), episentrum gempa berkisar 21 kilometer dari Changbin di Taitung.
 
USGS mencatat terjadinya gempa berkisar pukul 01.00 dini hari waktu setempat.
 
Dikutip dari 9news, sejauh ini tidak ada laporan kerusakan akibat gempa di Taiwan. Namun sekitar 90 menit usai gempa, lebih dari 85 orang merasakan guncangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biro Meteorologi Australia (BoM) mengatakan tidak adanya ancaman gelombang tsunami terhadap Negeri Kanguru.
 
Menurut laporan Pusat Peringatan Tsunami AS, tidak ada peringatan tsunami untuk pesisir barat AS, British Columbia, Hawaii dan juga Alaska.
 
Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik -- Lempeng Laut Filipina dan Lempeng Eurasia -- di sepanjang Palung Ryukyu. Lokasi ini rentan diguncang gempa bumi.
 
Guncangan ini terjadi kurang dari sepekan usai Jepang diguncang gempa magnitudo 7,4. Gempa itu menewaskan setidaknya dua orang dan membuat 160 lainnya terluka serta memicu pemadaman listrik di dua juta rumah.
 
Gempa tersebut memicu pemadaman listrik serius di seantero pulau utama Jepang. Perusahaan Tokyo Electric Power Co (Tepco) sempat memperingatkan bahwa lebih dari tiga juta rumah di Tokyo dapat terkena pemadaman.
 
Baca:  Momen Kereta Shinkansen Jepang Keluar Jalur Usai Gempa 7,3 Magnitudo
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif