Korea Utara kembali melepaskan tembakan  rudal balistik. Foto: AFP
Korea Utara kembali melepaskan tembakan rudal balistik. Foto: AFP

Korut Kembali Lepaskan Proyektil ke Laut Lepas

Internasional korea utara Rudal Rudal Balistik Korea Utara
Fajar Nugraha • 27 Januari 2022 07:00
Pyongyang: Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan proyektil ke laut lepas pantai timurnya. Ini menjadi uji coba rudal keenam sepanjang Januari ini.
 
Kantor berita Yonhap melaporkan pada Kamis 27 Januari 2022, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, telah mendeteksi peluncuran itu, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.
 
“Pada Selasa, Korea Utara telah menembakkan dua rudal jelajah ke laut di lepas pantai timurnya,” kata militer Korea Selatan, seperti dikutip Yonhap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peluncuran proyektil terbaru ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan atas serangkaian uji coba senjata baru-baru ini.
 
Awal bulan ini Korea Utara menguji coba peluru kendali taktis. Sebanyak dua rudal hipersonik yang mampu melesat dengan kecepatan tinggi dan bermanuver setelah lepas landas, dan sistem peluru kendali yang dibawa kereta api.
 
Ketegangan telah meningkat, dengan pemimpin Kim Jong-un berjanji pekan lalu untuk mendukung militer dan memperingatkan dia bisa mencabut moratorium pengujian bom atom dan rudal jarak jauh.
 
Korea Utara belum meluncurkan rudal balistik antarbenua atau senjata nuklir sejak 2017, tetapi mulai menguji sejumlah rudal jarak pendek setelah pembicaraan denuklirisasi terhenti setelah pertemuan puncak yang gagal dengan Amerika Serikat pada 2019.
 
 
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif