Warga di Tianjin, Tiongkok jalani proses pemeriksaan covid-19. Foto: AFP
Warga di Tianjin, Tiongkok jalani proses pemeriksaan covid-19. Foto: AFP

Covid-19 di Tianjin Menunjukkan Tanda Mereda

Internasional Tiongkok covid-19 Omicron Varian Omicron
Fajar Nugraha • 18 Januari 2022 18:05
Beijing: Kota Tianjin di Tiongkok melaporkan lebih sedikit kasus covid-19 pada Selasa 18 Januari 2022. Ini disebabkan wabahnya menunjukkan tanda-tanda awal mereda, sementara jumlah kasus harian di kota Anyang mencapai rekor.
 
“Tianjin, pelabuhan utama di utara Tiongkok melaporkan 18 kasus yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi pada Senin,” data Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menunjukkan pada Selasa, 18 Januari 2022.
 
“Itu menandai jumlah harian terendah dalam seminggu,” imbuh NHC, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 18 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pejabat NHC He Qinghua mengatakan, pada Sabtu risiko wabah Tianjin menyebar ke daerah lain secara bertahap menurun. Ini disebabkan karena kasus baru dalam tiga hari terakhir terutama pada orang yang telah dikarantina.
 
Unit Tiongkok dari pembuat pesawat Amerika Serikat (AS) Boeing mengatakan pada Selasa bahwa sejumlah kecil karyawan telah dipengaruhi oleh berbagai "penguncian tingkat komunitas" selama wabah Tianjin.
 
"Kami saat ini mempertahankan tingkat operasi normal," ujar Boeing China dalam menanggapi pertanyaan.
 
Sementara pabrik perakitan untuk Volkswagen dan Toyota di Tianjin tetap ditutup karena wabah tersebut. Pabrik komponen Volkswagen di kota tersebut telah melanjutkan beberapa shift sejak Kamis pekan lalu.
 
Tianjin melaporkan lebih dari 300 kasus gejala lokal dari cluster saat ini, yang juga telah menyebarkan infeksi Omicron ke dua kota lain.
 
Beban kasus Tianjin tetap lebih kecil daripada banyak wabah di luar negeri, tetapi telah mempersulit penduduk setempat untuk meninggalkan kota, menyegel komunitas berisiko lebih tinggi dan meluncurkan beberapa putaran pengujian di antara 14 juta penduduknya, di bawah pedoman Negeri Tirai Bambu untuk segera mengekang gejolak apa pun secepatnya.
 
Ibu kota Beijing, yang akan menggelar Olimpiade Musim Dingin mulai 4 Februari, melaporkan satu kasus lokal dengan gejala yang dikonfirmasi pada Senin. Orang yang terinfeksi adalah kontak dekat dari kasus Omicron lokal yang dilaporkan pada 15 Januari.
 
Kota Anyang, yang mendeteksi varian Omicron dalam wabah yang katanya dapat ditelusuri kembali ke seseorang yang datang dari Tianjin, melaporkan 94 kasus gejala lokal untuk Senin. Ini adalah jumlah harian tertinggi sejak 8 Januari.
 
Anyang telah meningkatkan pembatasannya selama akhir pekan, menuntut penduduk untuk tidak meninggalkan komunitas atau desa mereka sesuka hati.
 
Tiongkok melaporkan total 127 kasus lokal dengan gejala yang dikonfirmasi untuk Senin, turun dari 163 sehari sebelumnya.
 
Tidak ada kematian baru untuk Senin, sehingga jumlah kematian di 4.636. Pada 17 Januari, Tiongkok daratan memiliki 105.258 kasus bergejala yang dikonfirmasi, termasuk yang lokal dan impor.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif