Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)
Menlu Tiongkok Wang Yi. (Foto: AFP)

Tiongkok Berterima Kasih kepada Inggris yang Selamatkan Siswi Tenggelam

Internasional inggris tiongkok
Willy Haryono • 21 November 2020 08:45
Beijing: Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengucapkan terima kasih kepada Konsul Jenderal Inggris di Chongqing yang telah menyelamatkan seorang siswi yang terlihat tenggelam di sebuah perairan. Ucapan terima kasih dilayangkan via sebuah surat, meminta agar Duta Besar Inggris Caroline Wilson menyampaikan apresiasi dari Wang kepada Konsul Jenderal Stephen Ellison.
 
Pada 14 November, Ellison melompat ke dalam air di sebuah lokasi di Chongqing pada 14 November. Sebuah video yang diunggah akun Twitter Kedubes Inggris memperlihatkan seorang perempuan yang tenggelam dengan beberapa orang di sekitar berteriak panik.
 
Ellison terlihat melepaskan sepatu kemudian melompat ke dalam air untuk menyelamatkan perempuan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wang Yi mengatakan kepada Dubes Wilson bahwa ia berharap kedua negara dapat terus membuat upaya-upaya positif dalam mendorong peningkatan hubungan Tiongkok-Inggris serta meningkatkan persahabatan antar kedua masyarakat.
 
Juru bicara Kemenlu Tiongkok Zhao Lijian juga memuji "aksi heroik" Ellison. "Saya memberinya sebuah apresiasi besar," kata Lijian dalam sebuah konferensi pers di Beijing.
 
Yayasan Keadilan dan Keberanian Chongqing mengatakan bahwa aksi penyelamatan Ellison telah mendapat perhatian luas dari masyarakat dan juga media.
 
Pihak yayasan kemudian memutuskan memberi uang hadiah senilai 50 ribu yuan (setara Rp108 juta) kepadanya.
 
Melalui media sosial, Ellison berencana mendonasikan uang bonusnya itu ke sebuah badan amal di Chongqing. Uang itu akan disumbangkan dalam sebuah acara pekan depan untuk merayakan 20 tahun berdirinya konsulat jenderal.
 
Baca:Diplomat Inggris Selamatkan Siswi yang Tenggelam di Sungai Tiongkok
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif