Utusan Khusus Tiongkok untuk Semenanjung Korea (kiri) Liu Xiaoming bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan, Noh Kyu-duk./AFP
Utusan Khusus Tiongkok untuk Semenanjung Korea (kiri) Liu Xiaoming bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan, Noh Kyu-duk./AFP

Utusan Khusus Nuklir Korut Kunjungi Korsel Bahas Situasi Kawasan

Internasional korea utara korea selatan Tiongkok nuklir korea utara
Marcheilla Ariesta • 03 Mei 2022 16:41
Seoul: Kepala utusan nuklir Korea Selatan dan Tiongkok bertemu di Seoul untuk membahas situasi keamanan di Semenanjung Korea. Pertemuan dilakukan di tengah kekhawatiran mengenai ancaman nuklir dan rudal Korea Utara yang semakin meningkat.
 
Liu Xiaoming, perwakilan khusus Beijing untuk urusan Semenanjung Korea melakukan kunjungan pertamanya ke Seoul sejak menjabat pada April 2021.
 
Dalam aktivitas publik pertamanya di sini, ia mengadakan pertemuan dengan mitranya dari Korea Selatan, Noh Kyu-duk, di gedung kementerian luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tampaknya keduanya akan berbagi penilaian mereka mengenai situasi keamanan regional," demikian dikutip dari Yonhap, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Dengan satu minggu tersisa sebelum pelantikan Presiden terpilih Yoon Suk-yeol, utusan utama Beijing juga akan bertemu dengan pejabat dari pemerintahan yang akan datang. Beberapa pekan ke depan, Liu juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
 
Liu menyatakan keprihatinan atas meningkatnya ketegangan di semenanjung dan menegaskan kembali komitmen Tiongkok untuk memainkan peran positif. Namun, kunci resolusi untuk masalah ini menurutnya berada di tangan Korea Utara dan AS.
 
"Tiongkok prihatin dengan situasi tegang di Semenanjung. Kami meminta semua pihak untuk tetap tenang dan menahan diri, dan kami tidak menyetujui tindakan pihak mana pun yang dapat meningkatkan ketegangan," kata Liu di akun Twitter.
 
Tiongkok, kata dia, siap bekerja sama dengan Korea Selatan untuk mendorong 'proses penyelesaian politik' mengenai masalah tersebut. Menurutnya, hal ini menggambarkan kemitraan penting kedua negara.
 
Baca juga: Kim Jong-un Kembali Tegaskan Korut Dapat Gunakan Kekuatan Nuklir
 
"Penting untuk mengambil pendekatan yang komprehensif, menangani gejala dan akar penyebab masalah, dan mengatasi kekhawatiran yang sah dan masuk akal dari semua pihak secara seimbang," tambahnya.
 
Bulan lalu, kepala utusan nuklir Korea Selatan dan AS sepakat untuk bersama-sama mendorong resolusi Dewan Keamanan PBB yang baru terhadap Korea Utara untuk peluncuran misilnya baru-baru ini.
 
Namun, sebagai pemegang hak veto, Tiongkok dan Rusia masih mempertahankan sikap 'plin-plan' untuk menjatuhkan sanksi tambahan pada Korea Utara.
 
Sore hari waktu Korea, Liu akan mengunjungi Kementerian Unifikasi yang menangani urusan antar-Korea. Ia dijadwalkan bertemu dengan Wakil Menteri Choi Young-joon dan kunjungan kehormatan ke Menteri Unifikasi, Lee In-young.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif