Polisi memakai masker saat memeriksa kelengkapan seorang pengendara mobil di Melbourne, Victoria, Australia pada 7 Agustus 2020. (AFP/William West)
Polisi memakai masker saat memeriksa kelengkapan seorang pengendara mobil di Melbourne, Victoria, Australia pada 7 Agustus 2020. (AFP/William West)

Australia Catat Nol Kasus Covid-19 Perdana dalam Lima Bulan

Internasional Virus Korona australia pandemi covid-19
Willy Haryono • 01 November 2020 17:03
Canberra: Australia mencatat nol kasus harian virus korona (covid-19) untuk kali pertama dalam lima bulan terakhir pada Minggu, 1 November 2020. Nol kasus ini semakin membuka jalan bagi Pemerintah Australia dalam melonggarkan berbagai pembatasan, seperti menjaga jarak sosial (social distancing).
 
Negara bagian Victoria, episentrum penyebaran covid-19 di Australia, juga sempat mencatat nol kasus harian covid-19 dan nol kematian selama dua hari berturut-turut.
 
Baca:  Victoria Masuki Hari Kedua Tanpa Infeksi Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan tidak adanya kasus baru covid-19 di seantero Australia, Negeri Kanguru mencatat nol infeksi untuk kali pertama sejak 9 Juni.
 
"Terima kasih kepada semua tenaga medis dan juga masyarakat Australia," kata Menteri Kesehatan Greg Hunt via Twitter, dikutip dari laman Nikkei Asia.
 
Langkah-langkah cepat dan tegas diyakini sebagai faktor keberhasilan Australia dalam mengendalikan pandemi covid-19. Pekan kemarin, Victoria mengakhiri kebijakan penguncian (lockdown) yang telah berlangsung selama 111 hari -- terketat dan terpanjang di dunia.
 
Jajak pendapat oleh surat kabar The Age dan Nine News memperlihatkan sebagian besar warga Victoria mendukung kebijakan lockdown pemerintah.
 
Kepala Kesehatan Victoria, Brett Sutton, mengindikasikan bahwa pihaknya akan melonggarkan berbagai pembatasan lainnya seputar covid-19 dalam beberapa hari ke depan. Namun ia mengingatkan warga Victoria untuk selalu patuh pada aturan.
 
"Jika kita melihat adanya 50 ribu kasus per hari di Prancis, atau pasien di Belgia dikirim ke luar negeri, itulah yang akan terjadi pada negara kita jika kita tidak segera mengatasinya," sebut Sutton dalam konferensi pers yang ditayangkan di televisi.
 
Total kasus covid-19 di Australia hanya berkisar 27.500 sejak pandemi covid-19 muncul pada akhir Desember 2019. Australia terbilang sukses karena dengan cepat menutup perbatasan internasional dan menerapkan pembatasan ketat dan meningkatkan kapasitas tes covid-19 di dalam negeri.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif