Personel Taliban berpatroli di salah satu ruas jalan di Herat, Afghanistan. (AFP)
Personel Taliban berpatroli di salah satu ruas jalan di Herat, Afghanistan. (AFP)

Taliban Pecat 2.800 Anggota Sejak Kembali Berkuasa di Afghanistan

Internasional Taliban afghanistan taliban afghanistan
Willy Haryono • 16 Januari 2022 17:03
Kabul: Kelompok Taliban telah memecat hampir 3.000 anggotanya yang dituduh melakukan beragam tindakan kasar serta penyelewengan. Pemecatan ini dilakukan sebuah "proses pemeriksaan" yang dimulai sejak Taliban kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021.
 
Sejak menguasai kembali Afghanistan, Taliban berjanji akan menjadi kelompok yang lebih moderat ketimbang era 1996-2001. Pemecatan ribuan anggota ini disebut sebagai bagian dari memenuhi janji tersebut.
 
"Mereka membuat nama Emirat Islam (Afghanistan) menjadi jelek. Mereka dipecat melalui proses pemeriksaan agar kami bisa membangun militer dan kepolisian yang bersih di masa mendatang," ucap Latifullah Hakimi, petinggi Taliban yang ditugaskan di Kementerian Pertahanan Afghanistan, dilansir dari The National, Minggu, 16 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, lanjut dia, sekitar 2.840 anggota Taliban telah dipecat dari posisi mereka.
 
"Pelanggaran mereka meliputi korupsi, pengedaran dan pemakaian narkotika, dan juga mengganggu urusan pribadi masyarakat. Ada juga beberapa dari mereka yang terkait dengan Daesh," sebut Hakimi, merujuk pada akronim lain dari Islamic State (ISIS).
 
Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah personel Taliban dituduh telah membunuh sejumlah mantan pasukan keamanan di era Afghanistan terdahulu. Pembunuhan terjadi meski pemimpin agung Taliban, Hibatullah Akhundzada, mengeluarkan amnesti umum bagi seluruh masyarakat Afghanistan.
 
Serangkaian pembunuhan di luar jalur hukum itu meliputi penembakan dan pengeboman di Kabul dan kota-kota lainnya di Afghanistan.
 
Hakimi mengatakan mereka yang dipecat berasal dari 14 provinsi di Afghanistan. Ia menyebut proses pemeriksaan dan pemecatan ini akan terus berlanjut.
 
Baca:  Perangi Miras, Agen Intelijen Afghanistan Buang 3.000 Liter Alkohol ke Kanal
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif