Aktivitas pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara menjadi pengawasan. Foto: AFP
Aktivitas pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara menjadi pengawasan. Foto: AFP

Korea Selatan Pantau Aktivitas Nuklir dan Misil Korea Utara

Internasional korea utara korea selatan nuklir korea utara Rudal Balistik Korea Utara
Medcom • 26 November 2021 17:05
Seoul: Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) mengatakan pada Jumat, 26 November 2021, pihaknya memantau aktivitas nuklir dan misil Korea Utara (Korut) dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat (AS). 
 
Dilansir dari Yonhap News Agency, Jumat, 26 November 2021, pernyataan tersebut menyusul laporan Korut yang tampaknya melanjutkan pengoperasian reaktor nuklir di kompleks andalan Yongbyon.
 
Situs web pemantau AS, 38 North mengatakan pada Rabu, uap terdeteksi berasal dari reaktor lima megawatt dalam indikasi. Setidaknya satu generator sedang beroperasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat diminta untuk mengomentari laporan tersebut, Wakil Juru Bicara Kementerian Korsel, Cha Duck-chul menolak untuk mengkonfirmasi “masalah intelijen”. Namun, Duck-chul mengatakan, pemerintah tengah mengawasi fasilitas nuklir Korut.
 
“Pemerintah terus memantau kegiatan nuklir dan rudal Korut di bawah koordinasi erat Korsel-AS,” kata Duck-chul dalam konferensi pers. 
 
“Korsel dan Korut menyetujui tujuan bersama dari Semenanjung Korea yang bebas nuklir, dimana kedua belah pihak harus bersama-sama melakukan upaya,” ujar Duck-chul.
 
Duck-chul menjelaskan, pemerintah pun memantau kemungkinan berbagai tanda sebuah peristiwa di Korut untuk menandai peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) 2017 yang baru. Ia menambahkan, tidak terdapat kegiatan tidak biasa, yang terdeteksi sampai sekarang. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif