Susana saat khutbah Jumat di Masjid Albania yang hanya memperbolehkan 20 jemaah dalam satu sesi salat Jumat. ABC News/Erwin Renaldi
Susana saat khutbah Jumat di Masjid Albania yang hanya memperbolehkan 20 jemaah dalam satu sesi salat Jumat. ABC News/Erwin Renaldi

Sejumlah Masjid di Melbourne Mulai Gelar Salat Jumat

Internasional Virus Korona australia covid-19
Surya Perkasa • 15 November 2020 06:52
Melbourne: Sejumlah masjid di kota Melbourne menjalankan ibadah salat Jumat untuk pertama kalinya pada 13 November 2020. Hampir delapan bulan masjid ditutup akibat pandemi covid-19.
 
Muchlis Setioaji, asal Kebumen, Jawa Tengah, yang tinggal selama hampir enam tahun di Melbourne mengungkapkan kegembiraannya. "Sangat terharu, karena saya sudah delapan bulan tidak Jumatan," ujar Muchlis dilansir dari ABC News, Minggu, 15 November 2020.
 
Muchlis salat Jumat di Coburg Islamic Centre yang berada di kawasan Coburg dekat rumahnya. Ia mengatakan jemaah yang hadir di Masjid Coburg berjumlah 50 orang, jumlah maksimal peserta kegiataan keagamaan di luar ruangan sesuai aturan otoritas kesehatan di Victoria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harus mendaftar dulu. Pendaftaran sudah dibuka sejak jam 5 sore kemarin dan alhamdulillah, saya mendapat nomer 19," kata Muchlis
 
Muchlis mengaku tidak merasa khawatir saat datang ke masjid untuk menjalankan salat Jumat. Sebelum masuk masjid, pengunjung masjid dipindai suhu tubuh, pakai hand sanitizer, kemudian mengecek nama sesuai pendaftaran.
 
"Ibadah tetap jalan tapi mengikuti aturan negara dan melakukannya (salat Jumat) dalam beberapa sesi, jadi setiap jemaah juga kebagian tempat," beber dia.
 
Pada Jumat, negara bagian Victoria mencatat rekor baru dengan tidak adanya kasus penularan dalam dua minggu terakhir.

Albanian Mosque social distancing

Masjid Albania yang berada di kawasan Carlton merupakan masjid lain yang juga menggelar salat Jumat pertama kali. Masjid Albania merupakan masjid tertua di pusat kota Melbourne.
 
Masjid Albania menerapkan aturan rumah ibadah otoritas setempat. Pemerintah Melbourne hanya memperbolehkan menggelar kegiatan dengan batas 20 orang jika digelar di dalam ruangan dan 50 orang di luar ruangan.
 
Untuk bisa mengikuti salat Jumat di Masjid Albania, harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online. Pendaftararannya dibuka sejak Rabu siang, 11 November 2020.
 
Erwin Renaldi dari ABC Indonesia yang mengikuti salat Jumat di Masjid Albania melaporkan sebuah email pengingat dikirim oleh pengurus Masjid Albania hari Kamis, 12 November 2020. Dalam email tersebut disebutkan setiap jemaah harus membawa sajadah sendiri, sudah berwudhu dari rumah, dan tetap menggunakan masker.
 
Setibanya di masjid, hanya mereka yang sudah terdaftar yang boleh masuk dan menjaga jarak sekitar dua meter antara satu sama lain. Khutbah dan salat Jumat berjalan seperti biasanya, yakni selama 30 menit. Setelah selesai, para jemaah diminta untuk segera meninggalkan lokasi.
 
Salat masjid di Masjid Albania digelar dua sesi, yakni pada pukul 13.30 dan 14.30 waktu setempat. Kepada ABC Indonesia, Masjid Albania mengatakan salat lima waktu dengan batasan maksimal 20 orang juga telah diberlakukan. Namun, pengunjung tidak perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
 
Sementara itu di Masjid Preston, yang pernah masuk dalam daftar hotspot penularan virus lorona pada bulan Juni lalu menggelar salat Jumat tiga kali. Salat dilakukan pada pukul 13.00, 13.40, dan 14.20 waktu setempat.
 
Mendaftar terlebih dahulu tidak diperlukan, tapi dalam pernyataannya, Masjid Preston mengatakan prioritas utama diberikan kepada mereka yang telah lanjut usia atau memiliki kebutuhan khusus, seperti warga difabel.
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif