Warga India lakukan tes untuk mengetahui infeksi covid-19. Foto: AFP
Warga India lakukan tes untuk mengetahui infeksi covid-19. Foto: AFP

Bocah India Meninggal Kelaparan Akibat Lockdown di Masa Pandemi

Internasional india Virus Korona
Fajar Nugraha • 16 September 2020 18:10
Agra: Seorang bocah perempuan berusia lima tahun mati kelaparan di sebuah desa yang jaraknya tujuh kilometer dari Taj Mahal di India. Bocah itu kelaparan karena orangtuanya tidak dapat bekerja karena pandemi covid-19 dan tidak menerima bantuan pemerintah.
 
Sonia Kumari, yang tinggal di DesaNagla Vidhichand, dekat kota Agra, bersama orangtua dan dua saudara kandungnya, meninggal pada 25 Agustus setelah orangtuanya tidak mampu lagi membeli makanan atau obat-obatan.
 
Ibunya, Sheela, adalah satu-satunya pencari nafkah bagi keluarga miskin, bekerja di lokasi konstruksi sebelum pandemi. Ayah Sonia, Pappu, tidak bisa bekerja karena menderita gangguan pernapasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Organisasi Buruh Internasional (ILO) telah memperingatkan 400 juta orang India akan terdorong lebih jauh ke dalam jurang kemiskinan oleh pandemi covid-19, dengan pengangguran melonjak karena negara itu melampaui 4,7 juta kasus.
 
Lokasi tempat Sheela bekerja ditutup setelah India lockdown tiba-tiba pada 25 Maret dan baru dibuka kembali secara bertahap sejak 1 Juni. Seperti 90 persen orang India, Sheela bekerja secara informal dan bergantung pada gaji hariannya, tanpa kontrak serta tanpa tabungan finansial.
 
“Selama bulan pertama penguncian bahwa dia tidak dapat bekerja sama sekali dan keluarganya tidak punya apa-apa untuk dimakan,” ujar Sheela Kumari, ibu dari Sonia, kepada India Today TV, seperti dikutip The Telegraph, Rabu 16 September 2020.

 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif